Pentingnya Minum Air Putih Sebelum Olahraga

Sri Yanti Nainggolan - 13 Januari 2018 16:00 wib
Pentingnya Minum Air Putih Sebelum Olahraga (Foto: shutterstock)
Pentingnya Minum Air Putih Sebelum Olahraga (Foto: shutterstock)

Jakarta: Memenuhi tubuh dengan cairan adalah hal yang penting dilakukan sebelum olahraga agar tidak dehidrasi setelah beraktivitas.

Sebaiknya Anda menghidrasi tubuh sebelum, saat, dan setelah berolahraga agar tidak mengalami dehidrasi dan kelelahan. Berikut adalah tips konsumsi air agar olahraga semakin maksimal.

1. Sebelum berolahraga
Idealnya, tubuh harus tetap terhidrasi sebelum olahraga agar keseimbangan cairan tetap sama. Namun, kelebihan cairan dapat menyebabkan kembung. Sebaiknya konsumsi sekitar 500 ml cairan dua atau tiga jam dan 250 ml lima belas menit sebelum berolahraga.

2. Selama berolahraga
Minum air saat olahraga penting untuk menggantikan cairan yang keluar melalui keringat. Jumlah air yang diasup juga tergantung keringat di mana disarankan 0,5-1 liter untuk setiap satu jam berolahraga. Bagilah satu jam dalam empat bagian di mana setiap 15 menit harus ada cairan yang masuk dalam tubuh.

3. Apa yang harus diminum
Untuk olahraga dengan durasi lebih dari satu jam, tubuh membutuhkan sebanyak 30-60 gm karbohidrat per jam. Kebutuhan air bisa didapat dari makan tersebut karena 6-8 persen dari karbohidrat adalah air.

Selain itu, sebaiknya cairan pengganti mengandung sodium dan kalium pada mereka yang berlari jarak jauh. Atau campurkan bahan alami seperti sari lemon, gula, dan sepincit garam pada minuman.

4. Setelah olahraga
Setelah olahraga jangka panjang, dimana biasanya tubuh mengalami dehidrasi, minumlah air kurang dari dua jam setelah olahraga. Sebaiknya minum 1,25 hingga 1,5 liter jika banyak keringat keluar.


(ELG)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 23-01-2018