Penyebab Tenggorokan Terasa Sakit Setelah Menangis

Sri Yanti Nainggolan - 10 November 2017 06:00 wib
Menangis bisa membuat tenggorokan terasa sakit (Foto: Scientificamerican)
Menangis bisa membuat tenggorokan terasa sakit (Foto: Scientificamerican)

Jakarta: Apakah Anda merasa tenggorokan terasa bengkak atau seperti ada yang menyangkut di tenggorokan ketika sedih atau setelah menangis? Ternyata, ada penjelasan ilmiah dari hal tersebut.

"Itu adalah terminologi medis yang disebut sensasi globus, dimana kita merasa ada sesuatu menyangkut di kerongkongan padahal tidak ada," ujar Dr Jennifer Stagg, dokter sekaligus pengarang buku Unzip Your Genes: 5 Choices to Reveal a Radically Radiant You.

Stagg menambahkan, jika Anda merasakan hal tersebut, cobalah untuk meneguk air atau makan sesuatu karena akan lebih mudah menelan sesuatu ke bawah dibandingkan dibandingkan keadaan kerongkonga tetap kering.

Buka karena emosional yang tertekan, Stagg mengungkapkan bahwa hal tersebut kemungkinan berhubungan dengan peradangan, pengaliran kembali, dan masalah pada bagian esofagus, katup tenggorokan, atau tiroid.

Jadi, bila terjadi secara rutin, cobalah hubungi tenaga profesional untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Stagg mengungkapkan belum ada pengobatan untuk gangguan satu itu karena emosional turut berperan didalamnya.

Ia juga menyebutkan bahwa mereka yang menderita stres dan mudah cemas cenderung lebih berisiko mengalami sensasi globus yang belum diketahui cara pencegahannya.

Stagg menambahkan, beberapa dokter ahli Telinga Hidung Tenggorokan (THT) percaya bahwa bengkak di tenggorokan adalah hasil dari perubahan jalan sensor (mirip dengan dengung di telinga) yang dianggap masuk akal bila dikaitkan dengan status emosi dan gangguan suasana hati.

Ketika terasa ada yang menyangkut, minumlah air atau makanlah sesuatu saat sensasi tersebut muncul karena sayangnya, kita tak bisa menghindari perubahan emosi atau suasana hati begitu saja.




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 23-11-2017