DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 13.813.894.338 (20 AGUSTUS 2018)

Brokoli, Sayuran yang Dapat Turunkan Rasa Cemas

Sri Yanti Nainggolan - 12 Mei 2018 19:23 wib
Brokoli, Sayuran yang Dapat Turunkan Rasa Cemas (Foto: istock)
Brokoli, Sayuran yang Dapat Turunkan Rasa Cemas (Foto: istock)

Jakarta: Dari sekian banyak sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, brokoli adalah sayuran yang tak boleh dilewatkan.

"Brokoli adalah penyelamat hidup," kata Dr Rangan Chatterjee, penulis The Four Pillar Plan dalam sebuah artikel di MailOnline.

Sayur tersebut mulai bekerja ketika sudah tercerna di usus kecil. Setelah mengalir ke usus besar, serat brokoli bekerja dan membuat asam lemak rantai pendek.

Dengan demikian, bakteri usus sehat pun lebih mendominasi, dan hal tersebut meningkatkan kesehatan dan kekebalan usus.

"Kesehatan usus sangat penting karena pengaruh yang sangat besar tidak hanya pada fungsi pencernaan kita, tetapi juga pada suasana hati dan fungsi otak kita; dan juga dapat mempengaruhi berat badan dan potensi nyeri sendi," terang Dr. Chatterjee.

Meskipun kesehatan usus dikenal bermanfaat untuk kesehatan perut, hubungan antara bakteri usus yang sehat dan pikiran yang sehat relatif baru..

Menurut Harvard University Medical School, gangguan perut atau usus seseorang akibat  kecemasan, stres, atau depresi terjadi karena karena otak dan sistem gastrointestinal terhubung erat.

Jika pola makan tidak sehat, koneksi tersebut akan muncul. Namun, konsumsi makanan penambah kesehatan usus seperti brokoli  dapat menurunkan risiko masalah kesehatan mental tersebut.

Brokoli juga memberikan banyak manfaat lain pada kesehatan jantung, kesehatan mata, pencegahan kanker, dan pengurangan kolesterol, menurut penelitian sebelumnya.


(ELG)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG SAYURAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 21-08-2018