5 Pertanda Gula Darah Tinggi

Sri Yanti Nainggolan - 23 September 2017 17:15 wib
5 Pertanda Gula Darah Tinggi (Foto: gettyimages)
5 Pertanda Gula Darah Tinggi (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penyakit diabetes. Namun, sayangnya tak banyak yang menyadari terkena penyakit tersebut karena gejala yang tersamar.

Berikut adalah beberapa gejala diabetes yang perlu Anda perhatikan dan sering membuat para penderitanya terkecoh.


1. Buang air kecil (BAK) tanpa henti
Ketika glukosa dalam aliran darah terlalu banyak, ginjal akan terus mengeluarkan gula tersebut melalui urin. Akibatnya, penderita akan BAK lebih sering, bahkan saat tengah malam. Karena banyak cairan yang dikeluarkan, maka penderita juga akan sering merasa haus dan mulut kering yang merupakan pertanda dehidrasi.

2. Kelelahan
Kelelahan adalah efek samping dari dehidrasi, yang merupakan imbas dari terlalu sering BAK. Terbangun beberapa kali di tengah malam untuk mengeluarkan cairan mengganggu tidur sehingga waktu istirahat pun berkurang.

3. Penglihatan kabur
Ketika kadar gula darah naik, cairan akan merembes ke bagian lensa mata bernama makula yang berfungsi untuk menajamkan penglihatan. Akibatnya, bagian tersebut pun akan membengkak dan mengubah ketajaman lensa sehingga tak bisa fokus dengan baik. Ketika hal itu terjadi, penglihatan akan buram dan tak jelas meskipun telah menggunakan kacamata.

4. Gusi berdarah
Bakteri dari makanan manis yang tinggal dalam mulut dapat memperlambat penyembuhan dan merusak gusi. Bagian tersebut akan memerah, membengkak, dan mudah berdarah saat disikat atau dibersihkan.
Umumnya, tubuh akan melawan infeksi yang disebabkan oleh kuman dalam mulut. Namun banyaknya gula dalam mulut membuat bakteri lebih nyaman berada di dalam bagian tubuh tersebut dan menurunkan kemampuan alami tubuh melawan bakteri.

5. Bercak di kulit
Kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat merusak pembuluh darah, termasuk yang terletak di bawah kulit. Kerusakan tersebut dapat menyebabkan kulit berwarna coklat kemerahan, terutama pada bagian kaki bawah, ketiak, dan leher.

Kelebihan gula darah dapat menyebabkan sel kulit mereproduksi ulang lebih cepat dibandingkan normal. Sel baru tersebut memiliki pigmen lebih banyak sehingga dapat menimbulkan bercak gelap. Meski tak sakit, bercak tersebut dapat menyebabkan gatal dan bau.




 


(ELG)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG DIABETES
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 14-12-2017