Tak Selalu Buruk, Ini Manfaat Peradangan Bagi Tubuh

Torie Natalova - 10 Oktober 2017 15:17 wib
(Foto: Glamour)
(Foto: Glamour)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang mungkin belum mengetahui secara pasti bagaimana peradangan yang terjadi dalam tubuh dapat memicu beragam penyakit, termasuk penyakit yang serius dan berbahaya.
Dr David Katz dari Yale University menjelaskan fakta tentang peradangan serta cara untuk mengatasinya.

Peradangan adalah hal yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh. Menurut Dr David, peradangan digunakan sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus, bakteri, racun, segala sesuatu yang berpotensi membahayakan tubuh Anda.

Ada dua "tim" berbeda yang terlibat dalam peradangan. Bila tubuh Anda merasakan kerusakan atau ancaman kerusakan, ia akan mengirimkan sel darah putih yang akan bertindak untuk melawan kerusakan dan melindungi diri dari bahaya.

Kemudian, muncul suatu jenis sel yang disebut fibroblas yang bertugas membangun kembali dan memperbaiki kerusakan yang telah terjadi.

Setiap orang memiliki tingkat peradangan yang terus berlanjut sepanjang waktu. Sebenarnya, jika tidak terjadi proses peradangan, Anda tidak akan pernah bisa sembuh dan menjadi sangat rentan terhadap bakteri serta virus dalam tubuh.

Namun, peradangan yang parah bisa menyebabkan kerusakan atau penyakit seperti obesitas, kanker, penyakit jantung dan diabetes.

Bagaimana cara menghindari peradangan yang buruk?
Jauhi semua jenis lemak yang tidak sehat. Ini dapat memicu peradangan dalam tubuh. Dr David menambahkan, karbohidrat olahan dan gula tambahan dalam makanan mendorong tingkat insulin dan insulin adalah hormon pro inflamasi.

Makanan ini juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan mikrobioma yang bereaksi sangat kuat dengan sistem kekebalan tubuh Anda.

Anda dapat mulai mencoba makanan sehat untuk terhindar dari peradangan. Pilih lemak sehat dari minyak zaitun, kacang-kacangan dan alpukat. Perbanyak buah-buahan yang kaya antioksidan dan sayuran berdaun hijau, karbohidrat kompleks serta menambahkan lebih banyak protein nabati.

Selain mengganti pola makan, tidur yang cukup juga penting untuk menghindari peradangan. Menghindari stres dengan lebih banyak bersantai atau bercengkrama dengan teman juga diyakini dapat membantu tubuh terhindar dari peradangan.

Olahraga juga sangat penting karena dapat menurunkan tingkat insulin dan kortisol yang mengurangi peradangan dan meningkatkan aliran darah sehingga tubuh akan mendapat lebih banyak oksigen dan nutrisi ke sel tubuh.




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 12-12-2017