DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 19.955.605.901 (19 SEP 2018)

Takut Kolesterol Naik? Hindari 7 Kebiasaan Ini

Pelangi Karismakristi - 11 April 2018 07:00 wib
Foto: Shutterstock
Foto: Shutterstock

Jakarta: Kolesterol tinggi membuat banyak orang khawatir, karena menjadi pangkal dari sejumlah penyakit mematikan seperti jantung dan stroke. 

Anda perlu tahu, ada dua jenis kolesterol dalam tubuh, yakni high density lipoporotein (HDL) atau kolesterol baik. Ia berfungsi mengangkut kelebihan kolesterol dari arteri ke hati dan akan menghilangkannya dari tubuh. 

Jenis yang kedua, low density lipoprotein (LDL) yaitu jenis kolesterol buruk yang tidak sehat. LDL dapat menumpuk di dalam arteri dan membentuk lemak serta endapan lilin yang disebut plak. 

Yang harus dihindari ialah kenaikan LDL alias kolesterol jahat. Bagaimana caranya? Terapkan gaya hidup sehat, dan rutin olahraga. 

Selain itu, Anda juga disarankan untuk menghindari tujuh hal berikut ini, seperti disitat Boldsky.

1. Menjauhi lemak sehat

Banyak orang yang berpikir bahwa semua lemak tidak sehat, dapat menambah berat badan, serta kolesterol jahat. Namun sebenarnya tubuh memerlukan lemak sehat agar tubuh berfungsi dengan baik. Lemak sehat bisa didapatkan di antaranya dari alpukat, kelapa, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

2. Konsumsi jenis daging yang salah

Bila Anda hampir setiap hari mengonsumsi daging sapi dan kambing, lebih baik hentikan kebiasaan tersebut. Terlebih lagi jika Anda telah didiagnosa mengidap kolesterol tinggi. Anda dapat beralih makan daging ayam tanpa kulit dan ikan.

3. Tidak mengonsumsi kalsium

Kalsium merupakan mineral yang penting untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan kuat, khususnya tulang dan perkembangan sel otak. Selain itu, sejumlah penelitian juga membuktikan bahwa kalsium dapat membantu mengurangi kadar kolesterol tinggi. Anda bisa memperoleh kalsium dari produk susu, bayam, dan telur.

4. Makanan manis

Sebagian besar orang menyukai makanan manis seperti kue, roti, dan sebagainya. Produk roti ini terbuat dari ragi, gula, dan bahan olahan lainnya yang tinggi kolesterol dan kadar gula. Disarankan untuk tidak berlebihan mengonsumsinya, terutama jika Anda telah memiliki kolesterol tinggi.

5. Mengonsumsi makanan rendah serat

Seperti diketahui serat sangat penting untuk dikonsumsi agar tubuh tetap sehat. Serat membantu orang-orang dengan kolesterol tinggi karena dapat menghilangkan pembentukan plak di arteri. Mulai sekarang, tambahkan serat dalam daftar menu makanan sehari-hari. Misalnya, kecambah, buah, dan sayuran hijau.

6. Minuman beralkohol

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Minuman beralkohol tinggi kadar gula dan lemak tinggi.

7. Tidak dapat mengelola stres

Stres merupakan salah satu penyebab utama sejumlah masalah kesehatan, baik mental maupun fisiologis. Ketika kadar kortisol meningkat karena stres, pada akhirnya dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh.

Agar kadar kolesterol tetap terkontrol, ada baiknya Anda mengonsumsi Nutrive Benecol 2 botol setiap hari segera setelah makan utama. Nutrive Benecol telah teruji menurunkan kolesterol 7-10 persen dalam 1-2 minggu. Mengurangi kadar LDL hingga 15 persen, dan membantu mengurangi risiko jantung koroner. Selain itu, Nutrive Benecol tidak mengandung gula pasir, memiliki nilai indeks glikemik yang rendah yaitu GI=52, sehingga aman untuk diabetisi.

Kandungan utama Nutrive Benecol adalah Plant Stanol Ester (PSE) yang terbukti efektif menurunkan kadar kolesterol. PSE merupakan golongan tumbuhan yang banyak terdapat dalam tanaman, seperti rye, kedelai, sayur-sayuran, minyak sayuran, nasi, buncis, jagung, gandum, dan tanaman lainnya namun dalam jumlah yang sedikit. 

Dengan sederet kandungan alami tersebut membuat Nutrive Benecol aman diminum oleh orang dengan kolesterol normal, mereka yang ingin berdiet, bahkan penyandang diabetes. 

Nutrive Benecol punya beberapa varian rasa enak yang dapat dipilih sesuai selera. Ada empat pilihan rasa yaitu blackcurrant, strawberry, orange, dan lychee. Mulai sekarang, Anda tak perlu ragu mengonsumsi Nutrive Benecol setiap hari. Nutrive Benecol, cara enak turunkan kolesterol!


(ROS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KALBE NUTRITIONALS
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
MORE
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
POPULAR FOTO
ADVERTISEMENT

Thu , 20-09-2018