Manfaat Kalsium Selain untuk Tulang dan Gigi

- 12 Februari 2018 16:31 wib
Ilustrasi. (Thinkstock)
Ilustrasi. (Thinkstock)

Jakarta: Kalsium dan vitamin D umumnya dikenal sebagai bahan baku utama pembentukan tulang. Selain kedua zat tersebut olahraga dan makan makanan bernutrisi juga dapat mempertahankan kesehatan tulang.

Namun selain bermanfaat untuk pembentukan tulang, kalsium juga punya peran lain dalam mengatur listrik jantung. 

"Kalau ada orang yang terkena gangguan pada kalsium darah bisa mengganggu irama jantung. Dampaknya sangat berbahaya, bisa menyebabkan henti jantung secara mendadak," ujar dokter spesialis penyakit dalam Suzy Maria, dalam Metro I-Care, Minggu 11 Februari 2018.

Selain itu, kalsium juga berperan penting dalam pembekuan daran dan kontraksi otot. Ciri umum orang yang kekurangan kalsium umumnya diawali dengan rasa kram dan kejang otot. 

Untuk mengantisipasi kekurangan kalsium, Suzy mengatakan asupan kalsium harian harus selalu dipantau. Meski kebutuhan kalsium setiap orang berbeda, namun secara umum kebutuhan kalsium orang dewasa antara 1.000 miligram hingga 1.200 miligram per hari.

Ia merinci, sesuai dengan jenis kelamin dan usia, orang dewasa perempuan di bawah usia 50 tahun kebutuhan kalsium hariannya 1.000 miligram per hari, di atas 50 tahun 1.200 miligram per hari.

Sedangkan bagi laki-laki di bawah usia 70 tahun, kalsium yang dibutuhkan idealnya 1.000 miligram per hari dan di atas usia 70 tahun sekitar 1.200 miligram per hari. 

"Khusus anak-anak, beda usia beda kebutuhan kalsiumnya. Kalau dewasa secara umum sama, adanya faktor kesehatan lain tidak akan berpengaruh termasuk adanya kehamilan maupun menyusui kebutuhan kalsiumnya sama," jelasnya.




(MEL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN TULANG
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 26-02-2018