Mengapa Minum Antibiotik Harus Dihabiskan?

Raka Lestari - 14 November 2017 18:30 wib
Pengetahuan masyarakat seputar antibiotik masih tergolong minim (Foto: CBC)
Pengetahuan masyarakat seputar antibiotik masih tergolong minim (Foto: CBC)

Jakarta: Hampir setiap dokter mengimbau pasien untuk menghabiskan antibiotik. Bukan tanpa alasan, antibiotik merupakan obat yang digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh bakteri, sehingga jika tidak dihabiskan, bakteri tidak sepenuhnya mati dan bisa berkembang lagi di kemudian hari.

Pengetahuan masyarakat seputar antibiotik memang masih tergolong minim, terutama berkaitan dengan penggunaan. Untuk diketahui, Antibiotik tidak bisa mematikan virus, sehingga tidak tepat jika digunakan untuk mengobati penyakit batuk pilek, muntah, atau diare yang pada umumnya disebabkan oleh virus.

Namun faktanya, masih banyak penggunaan antibiotik yang tidak tepat guna lantaran obat ini mudah didapat.

Dra Maura Linda Sitanggang, Ph.D, Dirjen Farmasi dan Alkes Kemenkes mengatakan, pemakaian antibiotik yang tidak tepat berbahaya karena akan membuat bakteri menjadi kebal.

"Obat antibiotik itu harus berdasarkan resep dokter. Obat bebas pun sebenarnya harus dimanfaatkan sesuai pedoman. Perlu pengetahuan dan informasi yang memadai," ujar Maura dalam edukasi kesehatan di Jakarta 14 November 2017.

Dalam kesempatan tersebut, Maura juga berpesan untuk tidak menyimpan antibiotik dalam jangka waktu yang lama sebagai cadangan obat-obatan.




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KAMUS KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 23-11-2017