Kata "Sakti" Ini Mampu Turunkan Berat Badan Anda

Yatin Suleha - 15 November 2017 11:48 wib
Menurut studi yang dipublikasikan oleh the Journal of Consumer Research, kebiasaan makan makanan yang sehat bisa dimulai hanya dengan tiga kata simpel yaitu,
Menurut studi yang dipublikasikan oleh the Journal of Consumer Research, kebiasaan makan makanan yang sehat bisa dimulai hanya dengan tiga kata simpel yaitu, "Aku tidak mau." (Foto: Taylor Kiser/Unsplash.com)

Jakarta: Diet untuk menurunkan berat badan bisa sangat rumit, terutama jika Anda dikelilingi dengan aneka makanan dan minuman manis. Sangat sulit untuk menolaknya? Namun bisa jadi, apa yang mulut Anda inginkan tak sejalan dengan apa yang Anda pikirkan.

Menurut studi yang dipublikasikan oleh the Journal of Consumer Research, kebiasaan makan makanan yang sehat bisa dimulai hanya dengan tiga kata simpel yaitu, "Aku tidak mau."

Dalam mengumpulkan data, para peneliti merekrut grup 120 orang mahasiswa yang ingin mempunyai gaya hidup sehat.

Para mahasiswa tersebut diberikan dua strategi untuk menolak godaan terhadap makanan: dengan merespons dengan kata-kata, "Aku tidak mau makan X" (misalnya; "Aku tidak mau makan kue") atau "Aku tak bisa makan X" ketika ditawarkan sebuah pilihan potongan cokelat atau berolahraga," tulis pada peneliti. 

Kemudian mereka ditanyakan ketika selesai kelas lalu ditawarkan dua snack, sebatang cokelat dengan permen atau granola bar.



(Baca juga: Melakukan Diet Bukan Berarti Tidak Makan)

Hasilnya, mereka yang memilih kata-kata "Aku tidak mau" lebih memilih granola bar lebih sering, dibandingkan dengan mereka yang menggunakan kata-kata "Aku tak bisa."

Faktanya sebanyak 64 persen partisipan yang memilih kategori "Aku tidak mau" memilih granola bar, sedangkan hasil yang satunya menunjukkan hasil 39 persen.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi?
Oliver Burkeman, seorang jurnalis dan penulis buku The Antidote: Happiness for People Who Can’t Stand Positive Thinking mengatakan bahwa dengan mengatakan "Aku tidak mau"- melakukan sesuatu, menjadi komitmen panjang Anda yang merupakan sebuah langkah saran terhadap hak diri Anda sendiri. "Kata tersebut bisa menguatkan pilihan diri Anda."

"Walau langkah sederhana ini terlihat sangat mudah, namun Anda akan melihat frase/makna linguistik yang mampu meningkatkan rasa percaya diri Anda dan mampu menolak godaan terhadap makanan yang tak sehat," tutup Burkeman.









(TIN)

ADVERTISEMENT
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 23-11-2017