DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.111.547.901 (22 SEP 2018)

Olahraga di Luar Ruangan Turunkan Risiko Obesitas pada Anak

Sri Yanti Nainggolan - 10 Juli 2018 12:29 wib
(Foto: My Studi Corner)
(Foto: My Studi Corner)

Jakarta: Salah satu masalah kesehatan saat ini adalah obesitas saat kecil, dimana dapat memicu diabetes dan gangguan jantung dini. Umumnya, obesitas disebabkan karena kurang aktivitas fisik dan ketergantungan pada makanan tinggi gula dan tinggi lemak. 

Lalu, untuk mencegahnya, apa yang sebaiknya dilakukan? Ahli gizi klinis dan olahragawan mengungkapkan bahwa permainan olahraga dapat membakar lemak pada tubuh si kceil.

"Permainan yang melibatkan fisik sangat sering dilakukan dulu. Namun, lingkungan yang berubah, tekanan akademis, orang tua yang kompetitif, durasi melihat gawai yang makin sering, dan semakin sedikit ruang bermain membuat anak menjadi gemuk," ujar Mihira Khopkar, olahragawan dan ahli gizi klinis.

Padahal, ia menambahkan, bermain semua olahraga seperti sepak bola, bola basket, tenis, atau bulu tangkis dapat meningkatkan pembakaran kalori. 

Selain itu, manfaat lain yang bisa diperoleh dari bermain di luar ruangan adalah memperkuat otot, meningkatkan metabolisme, dan membantu menurunkan lemak. 

"Tetapi aktivitas tersebut harus didukung dengan pola makan yang tepat seperti kurang makanan proses, perbanyak makan di rumah, dan mengontrol porsi makan."

Sebuah studi yang dipublikasi dalam Global Epidemic Obesity Journal menyebutkan bahwa 80 persen orang dewasa dan 41 persen anak-anak mengalami kelebihan lemak di India. 

Studi lain yang diterbitkan dalam Indian Journal of Medical Research pada Februari 2016 menyimpulkan terjadi peningkatan pada kelebihan berat badan dan obesitas anak-anak dari tahun 2001-2005 ke 2010, yaitu dari 16,3 persen ke 19,3 persen. 




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 25-09-2018