DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.052.810.215 (14 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Ketahui Beberapa Dampak yang Ditimbulkan Air Manis Bersoda

Raka Lestari - 09 November 2018 18:05 wib
Berikut ini adalah beberapa dampak dari mengonsumsi minuman bersoda. (Foto: Pablo Merchan Montes/Unsplash.com)
Berikut ini adalah beberapa dampak dari mengonsumsi minuman bersoda. (Foto: Pablo Merchan Montes/Unsplash.com)

Jakarta: Minuman bersoda merupakan salah satu jenis minuman yang ada saat ini. Hal ini karena air soda memiliki rasa yang sangat menyegarkan yang tidak didapatkan dari minuman biasa.

Namun sebaiknya Anda perlu berhati-hati dan usahakan untuk tidak mengonsumsi air soda secara berlebihan.

Dikutip dari tulisan Lindsay E. Mack, "7 Little-Known Dangers Of Drinking Flavored Sparkling Water" dalam Romper.com, berikut ini adalah beberapa dampak dari mengonsumsi minuman bersoda.

1. Gigi berlubang
Sesekali mengonsumsi minuman bersoda tentu tidaklah berdampak apapun. "Namun tambahan rasa pada minuman bersoda seperti sitrat atau rasa asam yang dihasilkan oleh buah-buahan dapat menyebabkan erosi gigi, atau penghancuran enamel gigi secara bertahadap," ujar penasihat konsumen untuk American Dental Association, Edmond R. Hewlet.

"Ini seiring waktu dapat memengaruhi keutuhan gigi yang dapat membuat mereka hipersensitif terhadap suhu dan berpotensi lebih rawan berlubang," tambah Hewlet.


("Tambahan rasa pada minuman bersoda seperti sitrat atau rasa asam yang dihasilkan oleh buah-buahan dapat menyebabkan erosi gigi, atau penghancuran enamel gigi secara bertahadap," ujar penasihat konsumen untuk American Dental Association, Edmond R. Hewlet. Foto: Sagar Chaudhray/Unsplash.com)

(Baca juga: Dokter: Alkohol dan Soda Memiliki Efek yang Berbeda)

2. Membuat perut tidak enak
Ciri khas minuman bersoda adalah suara mendesis, hal ini terjadi karena air soda mengandung gas alami, yang kemudian dikarbonisasi dengan cara menambahkan karbon dioksida.

"Oleh karena itu, air berkarbonasi dapat menyebabkan penumpukan udara yang dapat bergerak ke bawah saluran pencernaan dan masuk ke usus besar yang menyebabkan kembung dan gas berlebih di dalam perut," kata ahli diet terakreditasi Charlene Grosse.

3. Gula tambahan yang berlebih
Minuman bersoda biasanya menambahkan rasa manis ke dalam minuman ini, yang mungkin akhirnya mengarah pada masalah kesehatan lainnya.

Menurut Dr David Ludwig dalam Harvard Health Publishing, jumlah pemanis buatan dalam jumlah kecil sebenarnya tidak jauh berbeda dengan gula, tetapi yang ditakutkan adalah ketika seseorang sudah terbiasa dengan makanan yang sangat manis maka mereka mungkin akan merasakan bahwa makanan atau minuman biasa rasanya tidak begitu enak.

4. Kalori
Tidak semua minuman air bersoda ini bebas kalori. Menurut Today.com meski lezat beberapa minuman bersoda dapat mengandung 150 kalori dan 33 gram gula masing-masing.

"Meskipun dapat menjadi tambahan yang menyegarkan untuk diet Anda secara keseluruhan, minuman ini tidak akan benar-benar menggantikan air biasa dalam waktu dekat," simpul tulisan Mack.




(TIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 19-11-2018