DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.179.914.135 (23 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Duck Walk, Gerakan Melatih Bagian Bawah Tubuh

Sri Yanti Nainggolan - 07 Agustus 2018 12:34 wib
Olahraga duck walk bisa memperkuat otot pergelangan kaki. (Foto: Courtesy of Vahva Fitness)
Olahraga duck walk bisa memperkuat otot pergelangan kaki. (Foto: Courtesy of Vahva Fitness)

Jakarta: Variasi jalan dalam olahraga dapat memberi banyak manfaat bagi tubuh salah satunya adalah duck walk. Olahraga kekuatan yang satu ini dapat mengencangkan bagian belakang dan paha serta meningkatkan kelenturan tubuh. 

Posisi yang benar
Untuk melakukannya, berdirilah dengan tega dan buatlah jarak kedua kaki sejajar dengan bahu. Kencangkan otot perut dan luruskan punggung untuk menghindari risiko cedera. 

Rendahkan tubuh dengan menekuk kaki seperti posisi duduk dan pindahkan beban tubuh ke bagian kaki. Pertahankan posisi ketika lutut dan paha sudah membentuk sudut 90 derajat. 

(Baca juga: Studi: Kebiasaan Jalan Cepat Turunkan Risiko Kematian)

Regangkan tangan, seperti mengarahkan keduanya ke depan (posisi tepuk tangan) untuk menyeimbangkan tubuh. Posisi tersebut membantu menjaga keseimbangan selama berjalan. 

Untuk permukaan, berjalanlah selama 12 langkah untuk setiap kaki dan goyangkan tangan untuk membantu menambah gerakan. Lakukan istirahat selama satu menit untuk mengatur napas. 


(Terakhir, duck walk meningkatkan fleksibilitas otot sehingga mengurangi risiko nyeri panggung. Melakukan olahraga tersebut secara rutin dapat membantu meningkatkan ketangkasan dan keseimbangan tubuh. Foto: Courtesy of The Nest)

Manfaat bagi tubuh
Tipe olahraga square yang satu ini memiliki tiga manfaat nyata bagi tubuh. Pertama, memperkuat otot pergelangan kaki karena memberi tekanan khusus pada area sendi pergelangan kaki. Selain itu, pergelangan kaki juga semakin kuat karena membangun jaringan penghubung di sekitar sendi.

Kemudian, duck walk juga meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh. Olahraga tersebut membantu tubuh tetap aktif sepanjang hari dengan menurunkan gangguan kesehatan dan menyembuhkan jaringan bermasalah pada otot betis. 

Terakhir, duck walk meningkatkan fleksibilitas otot sehingga mengurangi risiko nyeri panggung. Melakukan olahraga tersebut secara rutin dapat membantu meningkatkan ketangkasan dan keseimbangan tubuh.





(TIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 19-12-2018