Amankah Hamil Saat Memiliki Kelainan Denyut Jantung?

Sri Yanti Nainggolan - 11 Agustus 2017 16:24 wib
Saat merencanakan kehamilan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti penyakit bawaan genetik yang bisa berpengaruh pada janin. (Foto: Kelly Sikkema/Unsplach.com)
Saat merencanakan kehamilan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti penyakit bawaan genetik yang bisa berpengaruh pada janin. (Foto: Kelly Sikkema/Unsplach.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat merencanakan kehamilan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti penyakit bawaan genetik atau bukan, yang nantinya dapat berpengaruh pada janin. Salah satu contohnya adalah aritmia atau kelainan irama jantung. 

"Biasanya, wanita yang ingin hamil telah mengetahui bahwa ia memiliki kelainan tersebut, dan sudah diatasi dengan obat atau tindakan lain sehingga kemungkinan hamil tak membahayakan," tukas ahli jantung Prof. Dr. dr. Yoga Yuniadi, SpJP(K) dalam konferensi pers di RS Harapan Kita, Jumat (11/8/2017). 

Namun, ia menambahkan, ada juga jenis aritmia yang tidak membahayakan bagi janin sehingga penyakit tersebut yang tak mempengaruhi masa kehamilan atau kelahiran. 

(Baca juga: Fakta Mengejutkan Tentang Kehamilan)



Pun bila berbahaya, umumnya para dokter sudah melakukan penanganan khusus agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan pada janin maupun ibu. 

"Kalau dulu, bumil tak boleh melakukan ablasi karena ada unsur sinar X yang membahayakan bagi janin, terutama pada trimester pertama, kini sudah tidak," tambahnya. 

Kini, dengan kecanggihan teknologi yang diimbangi dengan kemampuan tenaga ahli, ablasi bisa dilakukan tanpa floroskopi atau campur tangan sinar X. 

Menurut Wikipedia, ablasi adalah tindakan operasi aritmia dengan menggunakan kateter yang dimasukkan ke dalam ruang dalam jantung.

Kateter tersebut dihubungkan dengan mesin khusus yang memberikan energi listrik untuk memutus (membakar) jalur konduksi tambahan ataupun fokus-fokus aritmia yang menyebabkan ketidaknormalan irama jantung.









(TIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KEHAMILAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 17-08-2017