Tak Hanya Bikin Pencernaan Sehat, Ini Manfaat Lain dari Serat

Sri Yanti Nainggolan - 08 Agustus 2017 15:11 wib
(Foto: Ecowatch)
(Foto: Ecowatch)

Metrotvnews.com, Jakarta: Serat adalah salah satu kandungan makanan yang dibutuhkan tubuh. Hal ini dikarenakan komponen tersebut berperan besar dalam pencernaan.

Serat adalah bahan makanan yang tak bisa dicerna dengan enzim tubuh atau diserap dalam metabolisme sehingga bentuknya tetap utuh saat dikeluarkan.

"Serat banyak beperan. Pada Saluran cerna bagian atas, komponen tersebut mengontrol rasa kenyang dan selera makan sehingga tak cepat lapar dan bisa mengontrol berat badan," ujar spesialis penyakit dalam Dr Hardianto Setiawan Ong, SpPD-KGEH, FINASIM dalam peluncuran FiberCreme, Selasa (8/8/2017).

Sementara, untuk saluran cerna bawah, asupan serat yang cukup dapat melancarkan buang air besar (BAB) dimana membantu gerakan peristaltik pada usus sehingga lebih mudah untuk mengeluarkan feses.

Selain itu, feses juga menjadi lebih lunak karena serat membantu mengabsorpsi cairan dan garam sehingga memudahkan feses keluar.

Serat juga mampu menyerap racun atau makanan toksin yang dapat menyebabkan inflamasi pada bagian pencernaan dan menyerap asam empedu penyebab kolesterol sehingga membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

Kebutuhan serat dapat dipenuhi melalui makanan sehari-hari seperti sereal, sayur, buah, dan makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks seperti oligosakarida dan polisakarida.

Sayangnya, orang Indonesia belum bisa memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh per hari yaitu 25-40 gram. Rata-rata orang Indonesia mengkonsumsi 12-15 gram per hari, demikian menurut data dari Kementrian Kesehatan tahun 2001.




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 12-12-2017