Cara Gampang Mengurangi Ketergantungan terhadap Gula

Rosa Anggreati - 17 September 2018 06:45 wib
Konsumsi gula berlebihan dapat memicu munculnya masalah kesehatan (Foto:Shutterstock)
Konsumsi gula berlebihan dapat memicu munculnya masalah kesehatan (Foto:Shutterstock)

Jakarta: Banyak orang menyukai konsumsi makanan dan minuman manis. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang akhirnya kecanduan, tak bisa jika sehari saja tak mengonsumsinya.

Konsumsi gula berlebihan sangat tidak dianjurkan. American Heart Association (AHA) merekomendasikan anak usia 2-18 tahun tidak mengonsumsi lebih dari enam sendok teh gula dalam menu makanan sehari-hari. Sementara, batas asupan gula bagi orang dewasa yang disarankan adalah 50 gram atau setara dengan 12 sendok teh gula per orang per hari. 

Salah satu tanda Anda berlebihan dalam mengonsumsi gula ialah muncul rasa ingin makan terus menerus. Konsumsi gula berlebihan dapat memicu munculnya masalah kesehatan, di antaranya kegemukan, karies gigi, penuaan dini, serta memperbesar risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Lantas, bagaimana cara mengurangi ketergantungan terhadap konsumsi gula? Intip caranya berikut ini.

1. Konsumsi buah utuh sebagai pengganti smoothies.

2. Gunakan yoghurt tawar dengan tambahan buah segar daripada membeli yoghurt dengan rasa tertentu.

3. Ganti permen dengan konsumsi buah, kacang, atau cokelat hitam.

4. Cari sereal, granola, dan granola bar dengan kandungan gula di bawah 4 gram per porsi.

5. Hindari minuman bersoda, minuman energi, jus, teh manis, dan kopi dengan air putih, atau gunakan pemanis rendah kalori Nulife Sweetener. 

6. Gunakan gula pengganti. Bagi Anda penyuka rasa manis dapat menggunakan gula pengganti rendah kalori Nulife Sweetener untuk teh, kopi, jus, dan memasak.

Dengan menggunakan Nulife Sweetener, Anda tak perlu khawatir berat badan akan melonjak karena ia merupakan sukralosa (pemanis buatan nol kalori). Produk dari Kalbe Nutritionals ini juga rendah karbo, sehingga tepat untuk diet sehat bebas gula.

Kelebihan lainnya dari Nulife Sweetener ialah harganya lebih ekonomis, tidak berubah rasa jika dipanaskan, cocok untuk minuman panas dan dingin, serta dapat digunakan untuk memasak. Rasa manisnya pun tidak berubah pada suhu tinggi. 

Mulai gaya hidup baru Anda yang lebih sehat dengan Nulife.


(ROS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KALBE NUTRITIONALS
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
MORE
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
MOST COMMENTED
POPULAR FOTO
ADVERTISEMENT

Fri , 18-01-2019