Alasan Kenapa Kancing Baju Pria dan Wanita Dijahit pada Sisi Berbeda

Raka Lestari - 10 Oktober 2017 16:55 wib
(Foto: Reader Digest)
(Foto: Reader Digest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada jaman dahulu, jenis kelamin menentukan pilihan fashion  Anda, wanita mengenakan dress dan pria mengenakan celana. Namun seiring berjalannya waktu, saat ini pria dan wanita sudah bebas untuk memilih pakaian apa yang sesuai dengan selera.

Salah satunya adalah letak kancing yang berbeda antara pria dan wanita. Kancing pria dijahit di sebelah kanan sedangkan pada wanita kancing dijahit di sebelah kiri.

Menurut Chloe Capin, seorang perancang kustom dan sejarawan fashion  mengatakan, "Secara umum, elemen-elemen busana pada pria dapat ditelusuri melalui sejarah militer."

Sepanjang sejarah, pria sering memasukkan pedang atau senjata api mereka ke sisi kiri jaket mereka sehingga mereka dapat dengan mudah mengakses senjata mereka dengan tangan kanan mereka. Berjaga-jaga sekiranya harus mengancing baju dengan cepat  menggunakan tangan kirinya tanpa menggunakan tangan kanan mereka yang sering dominan dalam perkelahian.

Sedangkan pada wanita, kalangan elit di jaman dahulu mungkin bisa menjadi penyebab mengapa kancing wanita berada di sebelah kanan. Kancing dianggap sebagai simbol status yang hanya bisa dibeli oleh orang kaya di abad ke-13. Karena kebanyakan wanita kaya membayar pelayan untuk mengancingi baju mereka, akan memudahkan jika kancing dijahit ke sisi kiri sehingga para pelayan bisa mengancingi baju tuan mereka itu dengan tangan kanan mereka.




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 21-10-2017