DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 40.273.617.416 (15 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Cegah Kenaikan Berat Badan, Ketahui Cara Mengukur Porsi Makanan Anda

Raka Lestari - 14 Januari 2018 20:35 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta:  Memahami berapa porsi makan yang sesuai untuk tubuh merupakan salah satu kunci agar tetap sehat. Meskipun bergizi, makanan apabila dikonsumsi secara berlebihan juga tidak baik untuk tubuh.

Berikut ini adalah cara mudah agar Anda bisa menetapkan berapa banyak porsi makan, dikutip dari Men's Health.

1. Daging

Daging sapi merupakan sumber protein berkualitas tinggi dengan zinc dan zat besi sebagai nutrisi penting. Mengonsumsi daging merah bisa memberi manfaat kesehatan asalkan sesuai dengan kebutuhan.

Ukur ketebalan telapak tangan Anda (tidak termasuk jari). Itulah porsi daging sapi yang sebaiknya Anda konsumsi.

2. Sereal

Sajian sereal yang proporsional biasanya sama dengan ukuran bola bisbol, atau sekitar satu cangkir. Menggunakan mangkuk kecil bisa membantu, atau Anda bisa mengisi setengah mangkuk Anda dengan buah lalu di atasnya dengan sereal.

3. Es krim

Dalam mengonsumsi es krim, sebaiknya Anda mengonsumsi sebanyak setengah cangkir yang setara dengan ukuran setengah bola tenis. Saat disajikan, gunakan mangkuk atau cangkir terkecil di rumah Anda.

4. Pasta

Saat akan membuat pasta, Anda bisa memasaknya sebanyak satu genggam atau sekitar satu kepalan tangan. Lebih baik lagi dengan memadukan satu porsi pasta yang lebih kecil dengan porsi sayuran dan protein yang lebih besar, saran Dawn Jackson-Blatner, R.D., penulis Superfood Swap.

5. Kacang-kacangan

Kacang mengandung serat, protein, vitamin dan mineral, seperti vitamin B, magnesium, dan zat besi. Kacang-kacangan adalah makanan ringan yang bergizi, tapi bisa membuat kalori bertambah dengan cepat. Penyajian yang tepat bagi kacang-kacangan, pistachio misalnya sekitar 1/2 cangkir penuh atau kira-kira satu bungkus cupcake penuh.

6. Keju

Keju mempunyai rasa yang menakjubkan. Sehingga, seperti banyak camilan lainnya, mengonsumsi keju bisa berlebihan dan berpengaruh pada kelebihan berat badan. Satu porsi keju (1 ons) setara dengan empat dadu dan bisa menggunakan hal tersebut sebagai acuan agar tidak mengonsumsinya berlebihan.

7. Nasi

Nasi kaya akan nutrisi, namun jika dikonsumsi berlebihan bisa berpengaruh terhadap berat badan Anda. Porsi yang tepat untuk menyajikan nasi adalah sekitar 1/2 cangkir nasi masak, yang kira-kira sama dengan bola lacrosse.




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG DIET
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 16-10-2018