Ini Penyebab Napas Bau saat Bangun Tidur

Sri Yanti Nainggolan - 11 November 2017 19:12 wib
Ini Penyebab Napas Bau saat Bangun Tidur (Foto: shutterstock)
Ini Penyebab Napas Bau saat Bangun Tidur (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bau mulut saat bangun pagi adalah hal yang dialami semua orang. Mengapa bisa demikian?

"Besar kemungkinan penyebabnya adalah kekurangan produksi air liur ketika Anda tidur," tukas Mazen Natour, D.M.D., seorang prostodontis di Manhattan.

Fungsi air liur adalah membersihkan bakteri penyebab bau mulut. Sepanjang malam, jika produksi air liur tak cukup, bau mulut bisa berlipat ganda.

Jadi, semakin kering mulut, maka kesempatan bau mulut pun semakin besar. Bernapas melalui mulut, mendengkur, menggunakan obat-obatan tertentu juga berkontribusi membuat mulut kering.

Dalam beberapa hal, napas bau di pagi hari adalah hal wajar. Namun, hal itu juga bisa jadi adalah pertanda masalah kesehatan. Umumnya, ini adalah pertanda penyakit gusi, yang berhubungan dengan penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, napas bau juga bisa mengindikasikan adanya infeksi seperti abses atau masalah gastrointestinal seperti GERD. "Konsultasikan dengan dokter bila bau mulut di pagi hari tercium tak biasa."

Jika Anda ingin napas tak terlalu bau di pagi hari, pastikan menyikat dan menggunakan benang gigi dengan benar sebelum tidur karena sisa makanan yang tertinggal dapat membuat bakteri semakin berlipat ganda.

Dr. Natour menyarankan menggosok gigi dua hingga tiga menit, menggosok lidah (lebih dari setengah pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut terjadi di lidah, dan menggunakan obat kumur yang bebas alkohol.


 


(ELG)

ADVERTISEMENT
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 23-11-2017