Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.659.184.273 (20 JULI 2018)

7 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tersedia di Dapur

Anindya Legia Putri - 10 Januari 2018 09:18 wib
Ilustrasi. Shutterstock
Ilustrasi. Shutterstock

Jakarta: Ketersediaan bahan makanan yang baik di dapur sangat memudahkan Anda membuat makanan dengan rasa yang enak, tanpa perlu khawatir banyak lemak jenuh, tambahan gula, dan sodium. Dengan begitu, Anda bisa mengatur porsi makanan yang dibutuhkan.

Dilansir Health.com, berikut tujuh bahan makanan penuh nutrisi yang harus terdapat di dapur Anda, untuk menciptakan makanan yang lezat dan bergizi setiap saat.

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan termasuk almond, kacang polong, buncis, dan kacang lentil, mengandung kaya protein, lemak sehat, serat, dan antioksidan sehat, serta rendah kalori.

Penelitian menunjukkan bahwa kacang-kacangan dapat membantu menurunkan berat badan, dan mempertahankannya. Kacang-kacangan bisa digunakan dalam membuat sup, salad, dan saus krim.

2. Biji-bijian

Biji-bijian utuh dapat membantu Anda membuat makanan sehat dalam hitungan menit, dan seratnya membantu Anda mendapatkan gizi yang baik. Mengonsumsi lebih banyak biji-bijian juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker tertentu.

Pastikan biji-bijian, termasuk beras merah, gandum utuh, quinoa, barley, dan bulgur terdapat di dapur Anda.

3. Tomat kalengan

Berbekal kaleng tomat utuh, Anda bisa menciptakan berbagai macam saus dan sup. Dengan tomat kemasan sangat menyehatkan. Zat lycopene dan karotenoid di tomat memberi manfaat anti kanker dan untuk kesehatan jantung.

4. Ramuan dan rempah kering

Bangkitkan rasa tanpa menambahkan kalori, gula, atau lemak ke makanan Anda! Lebih baik gunakan herbal dan rempah-rempah karena kedua hal tersebut penuh antioksidan.

Studi terbaru meneliti lebih dari 3 ribu makanan dan menyimpulkan bahwa beberapa ramuan dan rempah-rempah, termasuk oregano, kayu manis, thyme, dan rosemary, memiliki jumlah antioksidan tertinggi.

5. Minyak sehat

Seperti minyak zaitun extra-virgin untuk salad dressing dan gorengan, minyak canola untuk memasak dan memanggang karena cita rasanya yang ringan dan netral, minyak wijen bisa untuk menumis dan membuat saus.

Minyak ini baik untuk kesehatan jantung karena lebih rendah lemak jenuh daripada mentega atau minyak kelapa.

6. Kaldu

Kaldu daging sapi dan kaldu sayuran rendah natrium, dan dapat dengan mudah menyatukan sup, saus, dan rebusan. Kaldu juga bagus untuk membantu melembabkan sisa daging atau unggas yang kering atau matang. Selain menambahkan kelembaban, kaldu juga menambah rasa, sekaligus menjaga agar kalori tetap terkendali.

7. Pemanis alami

Bila Anda membutuhkan sentuhan manis dalam resep, carilah yang memiliki antioksidan bermanfaat seperti madu atau air tebu. Untuk memasak dan memanggang, pilih campuran pemanis alami, karena campurannya memiliki kalori 75 persen lebih sedikit daripada gula.


(TRK)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 20-07-2018