DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.179.914.135 (23 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Selain Pisang, Konsumsi 3 Makanan Ini Bantu Atasi Insomnia

Torie Natalova - 11 Maret 2018 10:24 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Sulit tidur atau insomnia menjadi masalah umum banyak orang. Tak hanya membuat tubuh lesu, kurang tidur biasanya juga akan memengaruhi emosi. Tak heran ketika kurang tidur, orang menjadi mudah marah.

Pakar tidur Sammy Margo mengatakan bahwa makanan tertentu memiliki kekuatan untuk membantu tidur lebih nyenyak.

Sebaliknya, makan makanan yang salah dapat menganggu siklus tidur Anda.

Ada empat makanan yang seharusnya dikonsumsi sebelum tidur untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Berikut seperti dilansir dari Redonline.

1. Pisang

Kadar magnesium yang tinggi dalam pisang dapat membantu tubuh rileks karena magnesium melemaskan otot. Kandungan serotonin dan melatonin juga membantu Anda lebih tenang.

2. Almond

Mengandung magnesium dan triptofan yang tinggi sehingga dapat membantu Anda tidur lebih lelap.

3. Madu

Merangsang pelepasan melatonin dan mematikan orexin, bahan kimia yang membuat kita waspada.

4. Oat

Kaya akan vitamin, mineral, dan asam amino yang semuanya mengandung melatonin, hormon yang dapat meningkatkan rasa kantuk.

Selain mengetahui makanan apa saja yang baik untuk tidur lebih nyenyak, Anda juga harus mengetahui makanan apa saja yang harus dihindari sebelum tidur. Makanan yang pedas, berkafein, tinggi lemak, dan protein dapat membuat tidur Anda terganggu. Keju, mengandung asam amino dan tiramin yang tinggi. Kedua bahan kimia ini membuat otak lebih waspada.

Sementara makanan pedas mengandung kadar capsaicin yang tinggi dan ini membuat Anda sulit mengatur suhu tubuh. Makanan berlemak sangat sulit dicerna dan cenderung menyebabkan rasa panas dalam perut, membuat tidur Anda tidak nyaman.

Kopi, jelas bahwa ini adalah minuman yang mengandung kafein yang mampu bertahan di sistem tubuh selama 10 jam. Karenanya, sebaiknya berhenti minum kopi setelah makan siang agar tubuh dapat memberikan sinyal kantuk di waktu yang tepat.

Lihat video:




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG INSOMNIA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 14-12-2018