DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 45.764.339.104 (19 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Lima Cara Sederhana agar Anda Bisa Tidur Nyenyak

Raka Lestari - 07 Agustus 2018 15:31 wib
Ilustrasi/Metrotvnews.com
Ilustrasi/Metrotvnews.com

Jakarta: Tidur merupakan istirahat yang paling baik untuk memulihkan tubuh yang lelah. Para ahli mengatakan bahwa kurang tidur dapat berdampak pada kesehatan fisik dan mental.

“Sebagian besar dari kita membiarkan tuntutan kehidupan sehari-hari turut menentukan waktu tidur dan bangun. Jutaan orang saat ini memaksa tubuh mereka untuk menyesuaikan diri dengan jadwal tidur buatan, yang tentunya sangat mempengaruhi pola tidur maupun kesehatan secara negatif,” ujar Dr Michael Breus, PhD, pakar yang mengamati masalah tidur dalam edukasi kesehatan yang diselenggarakan di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, 7 Agustus 2018.

Dr Michael pun berbagi tips agar Anda bisa tidur dengan nyenyak.

1. Kenali waktu tidur dan tetapkan satu jadwal tidur

Langkah terpenting adalah menetapkan jadwal tidur teratur setiap hari. Hal ini berarti tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Ketika waktu tidur memiliki ritme yang teratur, maka jam biologis akan tersesuaikan dan semua fungsi tubuh yang lain akan lancar, termasuk tidur.

2. Usahakan untuk terkena sinar matahari pagi

Menikmati sinar matahari pagi selama 15 menit setiap hari dapat membantu mengatur produksi melatonin atau hormon tidur. Jam tubuh internal berjalan dengan jadwal 24 jam dan berfungsi paling baik ketika Anda terkena pola terang dan gelap teratur. Perubahan dalam keadaan cahaya dan gelap dapat berdampak negatif bagi kemampuan Anda untuk tidur nyenyak.

3. Tidak mengonsumsi kafein lebih dari pukul 2 siang

Usahakan agar berhenti mengonsumsi kafein tidak lebih dari pukul 2 siang untuk membantu tidur lebih nyenyak. Kafein memiliki efek yang berlangsung sekitar 8 jam, yang berarti efeknya akan berkurang dari waktu ke waktu, tetapi masih aktif dalam sistem tubuh setelahnya. Kafein adalah stimulan dan hal ini akan mencegah tidur yang nyenyak dan berkualitas.

4. Berolahraga

Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, hanya dengan melakukan gerakan-gerakan ringan seperti berjalan kaki atau berjalan santai pada umumnya. Atau bisa juga dengan bersepeda. Olahraga ringan tersebut dapat membantu Anda untuk mendapatkan tidur yang nyenyak di malam hari. 

5. Berhenti olahraga 4 jam sebelum tidur

Berolahraga pagi atau siang hari merupakan saat-saat yang tepat untuk mendapatkan manfaat yang optimal bagi tubuh Anda. Selain itu, dengan berolahraga pada pagi atau siang hari juga bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari sehingga ketika Anda bangun tidur keesokan paginya tubuh Anda akan terasa bugar. 

Lihat video:




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 20-10-2018