DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 19.911.330.901 (18 SEP 2018)

Tumbuh Rambut di Area Tubuh Tak Wajar, Bisa Jadi Pertanda PCOS

Sri Yanti Nainggolan - 09 Maret 2018 15:07 wib
Wanita yang mengalami hirsutisme sebaiknya melakukan tes darah untuk hormon testosteron dan hormon pria lainnya, yaitu androgen. (Foto: Pete Bellis/Unsplash.com)
Wanita yang mengalami hirsutisme sebaiknya melakukan tes darah untuk hormon testosteron dan hormon pria lainnya, yaitu androgen. (Foto: Pete Bellis/Unsplash.com)

Jakarta: Bagi para wanita yang memiliki pertumbuhan rambut tebal dan gelap pada bagian tak wajar, seperti wajah, dada, atau punggung sebaiknya periksakan ke dokter.

Menurut ahli, hal tak wajar tersebut bisa jadi pertanda Polycystic Ovary Syndrome atau Sindrom Ovarium Polisistik (PCOS) yang dapat menyebabkan ketidaksuburan dan masalah kesehatan metabolik.

Hirsutisme adalah kondisi dimana wanita mengalami pertumbuhan rambut di area tubuh yang biasanya terjadi pada pria. Sekitar 10 persen wanita terkena hirsutisme. 

Pertumbuhan rambut yang berlebihan tersebut dapat dipicu oleh PCOS, gangguan hormonal yang menyebabkan ovarium membesar dengan kista kecil di tepi luar.

"Rambut berlebih pada tubuh atau wajah tak hanya tidak hanya membuat wanita tertekan, sering kali gejala masalah medis yang mendasarinya," kata peneliti Kathryn Martin dari Massachusetts General Hospital di Boston, Amerika Serikat.

Oleh karena itu, Martin menyarankan untuk segera menghubungi tenaga medis jika mengalami gangguan tersebut. 


(Wanita yang mengalami hirsutisme sebaiknya melakukan tes darah untuk hormon testosteron dan hormon pria lainnya, yaitu androgen. Foto: Carolina Heza/Unsplash.com)

(Baca juga: Minum Alkohol Berlebihan Picu Gangguan Hormon)

Wanita yang mengalami hirsutisme sebaiknya melakukan tes darah untuk hormon testosteron dan hormon pria lainnya, yaitu androgen. 

Normalnya, wanita memiliki hormon tersebut dalam jumlah kecil, namun pada penderita PCOS dan hirsutisme akan lebih tinggi.

Hirsutisme dapat menyebabkan tekanan personal, kecemasan, dan depresi jika tak diobati. The Society menyarankan agar menggunakan obat-obatan atau langsung menghilangkan rambut jika masih dalam kasus ringan. 

Meskipun tak ada hubungannya dengan penurunan berat badan, beberapa studi menemukan bahwa diet membantu proses penyembuhan pada hirsutisme dan PCOS.









(TIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 19-09-2018