Penderita Diabetes Melitus Riskan Alami Serangan Jantung

Sri Yanti Nainggolan - 09 November 2017 15:39 wib
(Foto: Health)
(Foto: Health)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyakit metabolik diabetes melitus (DM) adalah penyakit yang dapat memberi dampak pada organ tubuh lain, termasuk jantung dan pembuluh darah.

"Risiko serangan jantung dan stroke meningkat dua kali lipat pada penderita DM dimana risiko sakit jantung juga meningkat hingga dua sampai empat kali lipat," kata Dr Wismandari Wisnu, SpPD, KEMD, FINASIM dalam konfrensi pers Jakarta Diabetes Meeting ke-26, Kamis 9 November 2017.

Bahkan, ia menambahkan, 8 dari 10 orang yang menederita DM meninggal karena penyakit jantung.

Kadar gula darah yang tinggi dalam pembuluh darah dapat memicu cedera pada dinding pembuluh darah sehingga risiko jantung untuk medapatkan aliran yang semestinya pun terganggu.

Selain itu, terjadi gangguan pada pola makan lemak darah dimana kolesterol LDL (kolesterol jahat) lebih mudah menumpuk di dinding pembuluh darah sementara kolesterol HDL (kolesterol baik) mengalami gangguan dalam berproduksi.

Akibatnya, muncul penumpukan lemak dan gangguan kelenturan dinding pembuluh darah atau biasa disebut dengan aterosklerosis.

Pada dasarnya, DM bukanlah penyakit yang berbahaya bila dapat diobati dengan tepat. Namun, komplikasi terkait penyakit tersebutlah yang umumnya menyebabkan kematian.




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 23-11-2017