Tai Chi, Alternatif Olahraga Bagi Penderita Penyakit Jantung

Sri Yanti Nainggolan - 13 Oktober 2017 07:00 wib
(Foto: Aqua4balance)
(Foto: Aqua4balance)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa Tai Chi, gerakan seni kuno dari China, dapat menjadi alternatif olahraga bagi pasien jantung yang tak senang berolahraga.

Tai Chi adalah bergerak secara meditatif, lamban, namun berirama dimana pelaku aktivitas fisik tersebut mendapatkan kedamaian dan ketenangan dalam pikiran dan hati.

"Tai Chi bisa menjadi opsi yang bagus karena dimulai dengan gerakan yang sangat lambat dan sederhana. Ketika kepercayaan diri meningkat, maka kecepatan dan gerakan bisa dimodifikasi untuk meningkatkan intensitas," papar Elena Salmoirago-Blotcher, asisten profesor di  Brown University, Amerika Serikat.

Olahraga Tai Chi dapat dilakukan dengan intensitas rendah ke sedang. Penekanan pada pernapasan dan relaksasi dalam olahraga tersebut juga dapat menurunkan stres dan tekanan psikologis.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of the American Heart Association tersebut menemukan bahwa Tai Chi aman untuk dilakukan penderita penyakit jantung dan tak memberikan efek samping.

Studi tersebut menyasar penderita penyakit jantung yang tak aktif, baik pria maupun wanita, dimana 58,6 persen diantaranya pernah mengalami serangan jantung dan melakukan operasi jantung.

Para partisipan enggan melakukan rehabilitasi kardiak dan memiliki karakteristik berisiko tinggi saat ini, termasuk merokok (27,6 persen), diabetes (48,3 persen), kolesterol tinggi (75,9 persen), kelebihan berat badan (35 persen) dan obesitas (45 persen).

Program Tai Chi yang dilakukan tidak seperti program aerobik pada umumnya, namun meningkatkan aktivitas fisik menjadi sedang ke berat.




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 12-12-2017