Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.641.144.273 (17 JULI 2018)

Wipol "Aksi Anti Kuman": Ayo Wujudkan Rumah Bersih, Sehat, Bebas dari Kuman!

Rosa Anggreati - 08 Maret 2016 09:00 wib
Wipol dari PT Unilever Indonesia melakukan serangkaian kegiatan Wipol
Wipol dari PT Unilever Indonesia melakukan serangkaian kegiatan Wipol "Aksi Anti Kuman" bekerja sama dengan para ibu rumah tangga dan HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan) DKI Jakarta

Metrotvnews.com, Jakarta: Rumah sebagai tempat tinggal dan berlindung keluarga, selayaknya nyaman dan terhindar dari ancaman kuman penyebab penyakit.

Sayangnya, banyak anggota masyarakat yang masih belum menyadari arti penting menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan rumah, terutama saat musim hujan. Penyebaran dan perkembangan kuman terjadi dengan cepat pada musim hujan.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, hingga Maret 2016, terdapat 38 titik kejadian banjir di kawasan Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur.

Selain banjir, pada musim hujan terdapat risiko penyebaran penyakit yang mengancam kesehatan akibat kondisi lembab dan genangan air yang sangat mendukung berkembangbiaknya kuman dan bakteri penyebab penyakit berbahaya, seperti leptospirosis, demam berdarah, diare, demam, penyakit kulit dan ISPA.

Perlu disadari bahwa semua orang berisiko terinfeksi penyakit. Namun, bayi dan balita, ibu hamil dan orang tua yang berumur lebih dari 65 tahun memiliki risiko yang lebih besar.

Perlu adanya  pemahaman di masyarakat mengenai faktor penyebab utama gangguan kesehatan pada musim hujan yang dapat timbul bersamaan, yaitu adanya kuman, lingkungan yang memungkinkan berkembangnya kuman, serta perilaku yang tidak peduli terhadap lingkungan berkembangnya kuman.

Faktanya, rumah merupakan salah satu tempat di mana anggota keluarga dapat terinfeksi penyakit. Namun melalui perawatan rumah yang bersih dan sehat, masyarakat dapat berupaya mengurangi risiko terjangkit penyakit.

Oleh karena itu, diperlukan pemahaman melalui edukasi mendalam mengenai perilaku bersih dan sehat dan upaya tepat dalam membasmi kuman dan bakteri untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan higienis, bebas dari penyakit saat musim hujan. Hal ini mendasari Wipol melakukan gerakan nyata bersama para ibu Indonesia dan pemerintah setempat untuk mewujudkan lingkungan rumah yang lebih baik, bersih, dan sehat.
 


Wipol dari PT Unilever Indonesia melakukan serangkaian kegiatan Wipol "Aksi Anti Kuman" bekerja sama dengan para ibu rumah tangga dan HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan) DKI Jakarta.

Aksi sosial ini bertujuan mengedukasi masyarakat melalui penyuluhan dan aksi nyata di lapangan dalam melakukan perawatan rumah bersih dan sehat untuk mengantisipasi ancaman penyebaran kuman penyakit yang rawan terjadi ketika musim hujan.

Melalui kegiatan ini, Wipol bersama masyarakat yang terkena dampak banjir bersama-sama membersihkan rumah dan lingkungan sekitar untuk mengembalikan lingkungan menjadi bersih dan sehat agar terhindar dari dampak negatif penyebaran kuman penyakit pascabanjir.


 
"Kegiatan Wipol 'Aksi Anti Kuman' (AAK) merupakan upaya berkelanjutan dari Wipol dalam mengedukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan rumah kepada masyarakat terutama para Ibu sebagai pahlawan dalam keluarganya," jelas Muhammad Syathir Muhram, Brand Manager Wipol.

"Rumah yang terlihat bersih pada kenyataannya belum tentu higienis. Terlebih pada saat musim hujan seperti sekarang ini dimana kuman penyakit dapat berkembang dengan sangat cepat," ujar Muhammad Syathir Muhram menambahkan.

Sejak Februari hingga April 2016 mendatang, Wipol AAK menyelenggarakan bina suasana dan penyuluhan mengenai PHBS di 15 Puskesmas, serta mengedukasi tata cara perawatan rumah bersih dan sehat di 1.500 rumah tangga, penyuluhan dan pembersihan ke ratusan rumah korban banjir, pembersihan jalan dan area umum (Wipolisasi) di lima permukiman melakukan pemeriksaan kesehatan gratis di lima titik yang disediakan untuk warga sekitar.



Lebih jauh lagi, Wipol juga menyelenggarakan program "Saya Duta AAK" untuk mendorong para ibu menjadi agen perubahan agar tidak saja lebih memahami pentingnya menjaga rumah dan lingkungannya agar bebas kuman tetapi juga berkewajiban untuk menyebarluaskan edukasi positif tersebut ke lingkungan sekitar mereka.

Melalui serangkaian kegiatan Wipol “Aksi Anti Kuman (AAK)” ini, Wipol berharap masyarakat dapat teredukasi dengan baik sehingga dapat menjaga rumah tidak hanya bersih tetapi juga higienis dengan penggunaan disinfektan, sehingga keluarga dapat terhindar dari ancaman berbagai penyakit berbahaya akibat kuman dan bakteri.

"Pada akhirnya, kami harap masyarakat dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat sehari-hari agar tercipta Indonesia yang lebih nyaman dan bersih untuk dihuni oleh seluruh masyarakat," ujar Syathir.


(ROS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 19-07-2018