DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 46.708.723.881 (21 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Studi: Olahraga setelah Minum Alkohol Tak Baik untuk Tubuh

Sri Yanti Nainggolan - 13 Juni 2018 14:21 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Beberapa orang "menebus dosa" mabuk dengan berolahraga di pagi harinya. Namun, benarkah kebiasaan itu bisa mencegah efek buruk dari mabuk minum alkohol?

Ian Streetz, pelatih pribadi di tempat berlatih tinju Kobox di London mengatakan, masalah utama dengan mabuk adalah dehidrasi, dan dengan mencoba mengeluarkan keringat, akan terjadi dehidrasi lebih lanjut.

Hal tersebut dapat membuat berolahraga terasa jauh lebih menguras fisik, karena kelelahan yang tak terhindarkan, nyeri tubuh, dan kemungkinan mual.

Mila Lazaar, kepala HIIT di studio kebugaran yang berbasis di London Another_Space, menjelaskan bahwa tubuh kita lebih rentan terhadap kelelahan selama latihan karena gula darah rendah.

"Hal tersebut bisa membuat koordinasi menjadi lebih buruk, yang berarti kita lebih mungkin mengalami cedera," kata dia kepada The Independent.

Streetz menambahkan bahwa hal tersebut juga berpengaruh pada pencernaan alkohol dalam tubuh.

"Produk sampingan untuk memecah alkohol dalam tubuh Anda diekskresikan dalam keringat sebagai racun," katanya kepada The Independent.

Pelepasan tersebut membutuhkan konsentrasi yang lebih tinggi jika tubuh mengalami dehidrasi, yang dapat menyebabkan kram, tegang, dan cedera.

Streetz menambahkan bahwa alkohol juga menurunkan laju sintesis protein dalam tubuh, proses biologis di mana sel-sel membangun protein baru, sehingga lebih sulit untuk membangun otot dan memulihkan secara efektif seperti biasanya.




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG STUDI KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 23-10-2018