Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.659.184.273 (20 JULI 2018)

Empat Pertanda Kerusakan Rambut Akibat Stres

Sri Yanti Nainggolan - 11 Januari 2018 10:42 wib
Efek berkepanjangan yang timbul adalah rambut kering dan menipis sehingga mudah rontok. (Foto: Oladimeji Odunsi/Unsplash.com)
Efek berkepanjangan yang timbul adalah rambut kering dan menipis sehingga mudah rontok. (Foto: Oladimeji Odunsi/Unsplash.com)

Jakarta: Stres tak hanya memengaruhi mental namun juga fisik. Jika umumnya pertanda tersebut muncul dari kulit atau rasa nyeri di tubuh, ternyata rambut juga terkena dampak dari masalah mental tersebut. 

Berikut ada empat pertanda kerusakan rambut karena stres. 

1. Rambut menipis
Nutrisi yang buruk dapat membuat tubuh masuk ke tahap mode pertahanan yang dapat membuat energi terkuras, termasuk untuk pertumbuhan rambut. Akibatnya, bisa terjadi penipisan rambut dalam jangka panjang. 

(Baca juga: Tips Mengurangi Rambut Beruban)

2. Kilau rambut memudar
Salah satu dampak yang cukup kentara dari stres adalah kilau rambut yang memudar. Hal ini dikarenakan stres mengambil nutrisi yang dibutuhkan rambut sehingga rambut menjadi kering dan keriting. 


(Efek berkepanjangan yang timbul adalah rambut kering dan menipis sehingga mudah rontok. 
Foto: Jonathan Körner/Unsplash.com)

3. Beruban
Meskipun tak ada hubungan antara stres dan uban, sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang memiliki kecenderungan beruban akan semakin cepat mengalami fase tersebut bila mengalami stres. 

4. Rambut rontok
Stres melepaskan kortisol yang memproduksi kotoran di sekitar folikel sehingga bagian tersebut menjadi rusak. Efek berkepanjangan yang timbul adalah rambut kering dan menipis sehingga mudah rontok. 









(TIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 20-07-2018