Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.400.516.227 (19 JUNI 2018)

Penelitian: Konsumsi Teh Hitam untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Torie Natalova - 12 Maret 2018 07:10 wib
Peneliti dari The University of california menemukan bahwa teh, terutama teh hitam membantu merangsang produksi bakteri baik di usus dan mengubah metabolisme energi Anda. (Foto: Cole Hudson/Unsplash.com)
Peneliti dari The University of california menemukan bahwa teh, terutama teh hitam membantu merangsang produksi bakteri baik di usus dan mengubah metabolisme energi Anda. (Foto: Cole Hudson/Unsplash.com)

Jakarta: Kebiasaan minum teh di pagi hari tak selalu membawa dampak buruk. Meski teh mengandung kafein yang jika dikonsumsi terlalu banyak dapat merugikan kesehatan, rupanya teh sebagai sarapan dapat membantu Anda mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Peneliti dari The University of california menemukan bahwa teh, terutama teh hitam membantu merangsang produksi bakteri baik di usus dan mengubah metabolisme energi Anda.

Penelitian yang dipublikasikan di European Journal of Nutrition melalui Redonline.co.uk ini mengamati efek teh hitam dan hijau pada hewan percobaan yang dibagi dalam empat kelompok dan diberikan pola makan yang berbeda.

Berat badan dihitung selama empat minggu dan hewan yang diberi ekstrak teh hitam atau hijau kehilangan berat badan sebanyak yang telah diberikan pada hewan yang diet rendah lemak.


(Peneliti dari The University of california menemukan bahwa teh, terutama teh hitam membantu merangsang produksi bakteri baik di usus dan mengubah metabolisme energi Anda. Foto: Rawpixel.com/Unsplash.com)

(Baca juga: Studi: Teh Hangat Bantu Kurangi Risiko Glaukomaz)

Hal ini didukung oleh kesehatan usus. Hewan yang mengonsumsi ekstrak teh hijau memiliki lebih sedikit bakteri usus yang terkait dengan obesitas.

Polifenol teh hijau lebih efektif menawarkan manfaat kesehatan yang lebih banyak daripada polifenol teh hitam. Ini karena bahan kimia teh hijau diserap ke dalam darah dan jaringan.

Temuan baru ini menunjukkan bahwa teh hitam, melalui mekanisme spesifik yakni mikrobioma usus juga dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan dan penurunan berat badan pada manusia.

Jadi, tak ada salahnya melanjutkan kebiasaan minum teh dalam menu sarapan Anda. Beralih pada teh hitam untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih besar.








(TIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 20-06-2018