Obat Sakit Kepala Dapat Mengikis Dinding Lambung

- 08 Agustus 2017 12:09 wib
Ilustrasi. (Huffingtonpost)
Ilustrasi. (Huffingtonpost)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mengonsumsi obat yang dijual bebas saat mengalami keluhan kesehatan seperti maag atau sakit kepala seperti sudah lumrah dilakukan banyak orang. Padahal harus dipahami bahwa setiap obat pasti memiliki efek samping.

Spesialis Penyakit Dalam dr. Ari Fahrial mencontohkan obat sakit kepala, obat reumatik atau jamu yang diduga sudah dicampur obat-obatan tertentu dapat mengikis dinding lambung. Hal ini tentu akan sangat berbahaya bila dikonsumsi oleh pasien yang memang sudah menderita maag.

Dia menjelaskan di dalam lambung terdapat keseimbangan antara faktor agresif dan defensif. Faktor agresif merupakan hal yang menyebabkan asam lambung naik, seperti stres, kurang tidur, mengonsumsi minuman berkafein atau minum beralkohol.

"Sementara faktor defensif ini yang menjaga ketebalan dinding lambung. Obat reumatik, obat sakit kepala atau jamu yang dicampur obat akan menyebabkan kerusakan secara langsung pada lambung, membuat penipisan dinding lambung," katanya, dalam Selamat Pagi Indonesia, Selasa 8 Agustus 2017.

Memang, kata Ari, sakit maag tidak secara langsung menyebabkan kematian pada seseorang. Namun gejala-gejalanya tetap harus diwaspadai. Sebab jika tidak ditangani secara tepat, akan menyebabkan gangguan kesehatan lain yang lebih serius.

Dia mencontohkan, umumnya pasien maag mengalami kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan. Turunnya berat badan akan diikuti oleh penurunan daya tahan tubuh. Ketika hal itu terjadi, seseorang akan lebih mudah terkena infeksi.

"Kalau berat badan sudah turun bisa macam-macam yang terjadi, umumnya infeksi. Ini yang mungkin secara tidak langsung menyebabkan seseorang meninggal dunia," jelasnya.




(MEL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN PENCERNAAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 22-10-2017