Fakta Usia 30 Tahun yang Perlu Anda Tahu

Pelangi Karismakristi - 23 Agustus 2017 09:24 wib
Ilustrasi. sumber: Shutterstock
Ilustrasi. sumber: Shutterstock

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah yang ada di benak Anda ketika menginjak usia 30 tahun? Apakah peningkatan finansial, karier gemilang, keluarga bahagia, mengemban tanggung jawab lebih besar, dan jembatan menuju paruh baya? Itu baru sebagian kecil yang akan terjadi pada Anda ketika memasuki usia 30 tahun.
 
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa usia 35 adalah usia terbaik dan kebahagiaan sejati akan dimulai dua tahun sebelumnya. Beberapa orang yang berusia lebih dari 100 tahun menganggap usia 30 tahun merupakan dekade terbaik dalam hidupnya. Namun tak bisa dipungkiri, Anda yang berusia 30 tahun menemukan masa krisis eksistensial, jam biologis, dan ketidakpuasan kerja.
 
Dalam dunia sains, ada beberapa fakta pasang surut manusia berumur 30 tahun, sebagai berikut:

1. Kehidupan signifikan pada awal dan akhir dekade

Jika Anda akan melakukan perubahan karir besar, pindah ke kota baru, atau berselingkuh, kemungkinan besar itu terjadi saat berusia 30 tahun. Mereka yang memasuki atau meninggalkan usia tersebut cenderung melakukan 'audit kehidupan' untuk mendapatkan variasi dan kepuasan hidup.
 
Anda akan melakukan banyak evaluasi jalan hidup dan melakukan perubahan. Ada peneliti mengamati bahwa seseorang memasuki dekade baru akan mencari inspirasi dan makna, lalu membawa mereka ke dalam "bayangan memasuki zaman baru", yakni perilaku pada mereka yang berusia 29 tahun, 39 tahun, 49 tahun, dan seterusnya.

2. Melalui puncak seksual

Bagi perempuan, jam biologis akan menurun pada usia 30 tahun. Menurut penelitian, pada usia tersebut, perempuan akan mencapai puncak seksual dalam kehidupan.
 
Anda yang berusia 20an tahun dan awal 40an tahun punya kehidupan seksual yang lebih signifikan dibanding wanita yang lebih muda maupun lebih tua. Pada usia kepala 3, Anda akan punya lebih banyak fantasi seksual dan seks yang lebih aktual. Para peneliti beranggapan bahwa perempuan akan mengalami peningkatan motivasi dan perilaku seksual sebagai adaptasi evolusioner dan membuat mereka memanfaatkan kesuburan mereka yang tersisa.
 
Daily Mail menyebutkan banyak wanita berusia 30 tahunan mengatakan mereka merasa lebih seksi dan lebih percaya diri dalam hal kehidupan seksualnya.

3. Puncak karier

Pada usia 20 tahun umumnya ditandai dengan selesainya pendidikan, mengalami menjadi pengangguran, dan akhirnya mendapatkan pekerjaan, meniti karier, bekerja berjam-jam. Dekade berikutnya akan menjadi kesuksesan karier dan finansial. Pada usia 30-39 tahun Anda bisa memilah karir. Menurut analisis Payscale.com, wanita berusia 39 tahun akan berharap bisa membayar hasil jerih payahnya selama bertahun-tahun.
 
Bila Anda seorang seniman atau ilmuwan, Anda kemungkinan besar akan memiliki terobosan kreatif terbesar pada usia akhir 30an tahun. Sebuah penelitian pada 1977 yang dikutip The Atlantic menemukan bahwa pemenang nobel fisika rata-rata berusia 36 tahun saat melakukan penelitian dan memenangkan nobel rata-rata pada usia 39 tahun.
 
Jika Anda tidak senang dengan jalur karir yang Anda pilih, kemungkinan besar Anda akan merasa lebih buruk dalam pekerjaan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang berusia 30an tahun, namun merasa kurang puas dengan pekerjaan mereka, akan merasa lebih emosional dibanding mereka yang berusia 20an tahun dan 40an tahun.

4. Kepribadian tidak akan banyak berubah

Pada abad ke-20, psikolog Harvard William James mengatakan bahwa setelah berusia 30 tahun, kepribadiannya 'seperti plester'. James percaya bahwa kepribadian cenderung menstabilkan masa dewasa.
 
Karakteristik kepribadian Anda setidaknya sebagian besar ditentukan generika. Tapi dari masa kanak-kanak hingga 20an tahun, kepribadian Anda berkembang secara signifikan. Hidup Anda akan menjadi stabil dan juga karakter diri.
 
"Perubahan besar yang Anda lihat dari awal masa remaja hingga awal masa dewasa sangat terganggu setelah usia 30, 35. Masih ada perubahan kepribadian setelah itu, tapi sedikit, dibanding fase kehidupan sebelumnya," kata psikolog kepribadian Paul T. Costa pada New York Science of US.

5. Mengalami krisis kehidupan

Krisis kehidupan sering terjadi pada usia 30an tahun. Umumnya dipicu kecemasan dan pertanyaan eksistensial oleh perasaan yang terjebak dalam pekerjaan atau hubungan yang tidak berjalan.
 
Ahli psikologi Inggris Oliver Robinson menjelaskan pada New Scientist bahwa hal tersebut akan menimbulkan keinginan untuk berubah, menemukan rencana keluar dari situasi saat ini, dan membangun kembali kehidupan.
 
Ini bisa menjadi proses yang sulit. Tapi ada sisi baiknya, yakni 80% orang dewasa akan melihat permasalahan tersebut secara positif.

6. Kebahagiaan sejati baru saja dimulai

Begitu Anda melalui banyak krisis kehidupan, ini lah saatnya Anda meraih kegembiraan. Sebuah survei pada 2012 menyebutkan bahwa 70% orang Inggris di atas usia 40 tahun mereka tidak benar-benar bahagia sampai usia 33 tahun. 
 
"Usia 33 tahun adalah waktu yang cukup untuk melepaskan diri dari naif masa lalu, masa remaja tanpa kehilangan energi, dan antusiasme kaum muda. Dengan usia ini, yang tidak bersalah telah hilang, namun perasaan realitas kita bercampur dengan harapan yang kuat, semangat, kepercayaan yang sehat terhadap bakat dan kemampuan kita sendiri," jelas psikolog Donna Dawson.
 
Sedangkan survei lainnya di Inggris, seperti yang dilakukan HuffPost UK dan YouGov, menemukan bahwa seseorang mencapai keseimbangan kehidupan dalam bekerja pada rentang usia 34 tahun dan mencapai kepuasan pada usia 38 tahun.
 
7. Perubahan metabolisme tubuh
 

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan saat memasuki usia 30 tahun, yakni metabolisme dan kondisi fisik tak lagi selincah ketika berusia 20an tahun. Oleh karena itu, Anda harus mengonsumsi makanan sehat dan menjalani pola hidup sehat supaya tubuh tetap prima. Jauhi rokok dan minuman beralkohol, perbanyak minum air putih, dan rutin olahraga.
 
Pertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan Entrasol. Mengapa? Entrasol mengandung nutrisi lengkap dan seimbang, yakni Hytolive sebagai antioksidan alami, P-Bone untuk menjaga kepadatan tulang, Omega 3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan sendi, Hi-Fiber untuk menjaga kesehatan pencernaan, serta kandungan 1o vitamin dan 5 mineral. Entrasol lebih sedikit mengandung lemak sehingga Anda tidak perlu khawatir berat badan melonjak. Jangan tunda lagi, minum Entrasol setiap hari agar tetap sehat dan bugar.
 


(TRK)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KALBE NUTRITIONALS
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
MORE
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
MOST COMMENTED
ADVERTISEMENT

Fri , 22-09-2017