Survei: Setengah dari Anggota Gym Tak Tahu Cara Menggunakan Alat Olahraga

Sri Yanti Nainggolan - 11 Januari 2018 11:20 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Sebuah studi dari Nuffield Health menemukan lebih dari setengah anggota pusat kebugaran di Inggris tak memiliki keterampilan untuk menggunakan alat-alat olahraga.

Sebuah studi yang melibatkan 2.000 orang dewasa menunjukkan bahwa seperlima dari mereka tak mengerti cara menggunakan alat olahraga di gym seperti treadmill, chest-press, atau star-climber. Akibatnya, mereka merasa terintimidasi dan 23 persen diantaranya terlalu malu untuk menggunakan alat-alat tersebut.

Selain itu, seperempat dari partisipan mengaku terlalu malu untuk meminta bantuan dan 18 persen di antaranya belajar sendiri saat berada di gym.

Seperlima dari mereka mengaku meniru orang lain karena mereka terlihat seperti tahu apa yang dilakukan atau senang dengan cara orang tersebut melakukannya gerakan tersebut.

Helen Skeleton, ibu dua orang anak dan pencinta fitness, turut membantu Nuffield Health untuk meningkatkan kesadaran dalam pendekatan personal di fitness.

"Kesejahteraan sangat personal, cukup masuk akal jika seseorang membuat rencana tentang kebutuhan mereka. Meniru gerakan orang lain cenderung tak efektif di mana jika tak sesuai maka bisa menyebabkan cedera," paparnya.

Jika demikian, itu artinya Anda hanya  menghabiskan waktu di gym, atau Anda bisa menggunakannya dengan baik. Setiap tubuh orang memiliki respon yang berbeda, tergantung tujuan mereka."

Selain kurang percaya diri karena tak bisa menggunakan alat gym, studi tersebut juga menunjukkan bahwa banyak orang dewasa tak memiliki pengerahuan dasar untuk membuat rencana olahraga lebih efektif.

Dua pertiga dari mereka yang disurvei tak tahu berapa indeks massa tubuh.

Untuk bisa melihat progres olahraga, presentase lemak tubuh bisa digunakan sebagai indikator, namun 88 persen orang dewasa juga tak bisa mengukurnya.

Tujuh dari 10 orang Inggris tak tahu berapa tekanan darah, seperlima tak tahu berapa berat badan mereka, dan satu dari 10 orang tak tahu berapa tinggi mereka.

Setengah dari mereka yang rutin pergi ke gym tak memiliki tujuan khusus dan mereka yang punya rencana olahraga personal mengaku tak memberi batas waktu untuk bisa mencapai pencapaian kesehatan mereka.

Enam dari 10 orang juga tak tahu olahraga kombinasi apa yang harus lakukan untuk mencapai target kesehatan.

Namun mereka menyadari bahwa mereka setidaknya menggunakan sekitar 15 menit waktu olahraga untuk berkirim pesan, mengobrol, atau mendengarkan musik.





(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG SURVEI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 23-01-2018