Cell Cure, Metode Baru Terapi Kanker

- 13 Februari 2018 16:55 wib
Ilustrasi--terapi kanker. (Foto: ANTARA/Ujang Zaelani)
Ilustrasi--terapi kanker. (Foto: ANTARA/Ujang Zaelani)

Jakarta: Umumnya penyakit kanker hanya bisa ditangani dengan metode pengobatan kemoterapi atau terapi radiasi. Namun, hasil penelitan baru di bidang medis menawarkan satu lagi metode pengobatan kanker yang dianggap lebih efektif dan minim efek samping. 

Pengobatan ini dikenal dengan nama cell cure atau terapi sel. Terapi sel dilakukan dengan mengambil sampel darah somatik dari pasien penderita kanker.

"Diambil darahnya kurang lebih 200 cc kemudian dimasukkan ke alat untuk di-treat selama seminggu. Lalu monositnya dimasukkan kembali ke tubuh kita. Tidak terasa (efek sampingnya) dan setengah jam (terapi) selesai," kata penyintas kanker Bob Hasan, dalam Newsline, Selasa, 13 Februari 2018.

Meski dianggap lebih efektif dan minim efek samping, sayangnya instalasi terapi sel hampir tidak akan ditemukan di setiap rumah sakit di Indonesia kecuali di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Selain ketersediaan alat, terapi sel juga diketahui berbiaya mahal. Meski tak mewajibkan pasien rawat inap, terapi sel membutuhkan biaya Rp300 juta untuk satu kali terapi.

Ahli Urologi Djoko Rahardjo mengatakan alat untuk terapi sel didatangkan langsung dari Jerman melalui mekanisme kerja sama. Hal ini yang membuat biaya terapi masih mahal.

Ke depan, ia berharap kerja sama dengan Jerman tak hanya dari aspek penyediaan alat, namun juga penelitian. Dengan harapan, kerja sama penelitian ini bisa membuat instalasi dan obat terapi sel bisa tersedia di banyak rumah sakit dengan biaya lebih terjangkau. 

"Untuk tahap pertama kami akan mengadakan kerja sama penelitian dengan pusat terapi seperti di Belanda, Jerman, dan Inggris. Kita sudah memenuhi syarat untuk kerja sama, harapannya bisa dapat bahan baku (terapi) yang lebih murah," katanya.




(MEL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KANKER
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 25-05-2018