DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.179.914.135 (23 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

6 Cara Mudah Meredakan Sakit Tenggorokan

Torie Natalova - 13 Maret 2018 15:31 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Ada banyak obat, baik kimia ataupun alami untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Sayangnya, sebagian besar hanya meredakan sakit, bukan menyembuhkannya.

Madu, teh hangat dan obat batuk dapat menenangkan iritasi dan radang tenggorokan. Namun, jika Anda ingin benar-benar bebas dari sakit tenggorokan, inilah solusi terbaiknya seperti dilansir Prevention.

1. Berkumur dengan air garam

Air asin dapat menenangkan peradangan dengan menghilangkan jenis keasaman yang menyebabkan iritasi tenggorokan. Larutkan 1/4 - 1/2 sendok teh garam dalam segelas air hangat, kumur setiap dua jam.

2. Minum es dingin

Bebeda dengan anggapan banyak orang yang menghindari air dingin saat radang tenggorokan, faktanya, air dingin mampu meredakan peradangan.

3. Hindari makanan asam

Asam lambung adalah penyebab umum sakit tengorokan. Itu berarti makanan atau minuman yang memicu asam lambung dapat memperburuk sakit tenggorokan. Hindari soda, gorengan, dan buah jeruk seperti lemon. Hindari makan satu jam sebelum tidur.

4. Menelan antasida

Jika Anda berpikir asam lambung adalah penyebab sakit tenggorokan, minum obat dengan kandungan antasida dapat membantu menghilangkan rasa sakit pada sumbernya.

5. Minum teh kunyit

Kunyit memiliki kekuatan anti peradangan yang membantu meredakan sakit tenggorokan.

6. Mandi uap

Udara yang kering bisa mengiritasi tenggorokan yang sakit sehingga memperlama waktu pemulihan Anda. Mandi uap atau nyalakan humidifier untuk membantu meringankan rasa sakit.

Jika sakit tenggorokan terjadi lebih dari dua hari, Anda mungkin memiliki infeksi bakteri seperti strep. Jika begitu, Anda mungkin memerlukan obat antibiotik untuk meredakan sakit tenggorokan.

Tubuh yang lelah sama dengan sistem kekebalan tubuh yang lelah. Istirahat dapat membantu memulihkan kembali sistem kekebalan tubuh yang hilang serta menghindari stres.





(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 10-12-2018