DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 19.955.605.901 (19 SEP 2018)

Tips Mengurangi Gejala Maag

Gervin Nathaniel Purba - 06 April 2018 07:00 wib
Ilustrasi penyakit maag. Foto: Shutterstock
Ilustrasi penyakit maag. Foto: Shutterstock

Jakarta: Perut terasa nyeri, mulas tidak tertahankan, dan nafsu makan berkurang, merupakan pertanda Anda mengidap penyakit maag. Biasanya, maag terjadi akibat pola makan yang buruk.

Dokter medis naturopati, Breanne Kallonen, mengatakan maag disebabkan oleh infeksi bakteri helicobacter pylori (H. pylori) dan penggunaan obat penghilang rasa sakit NSAID dalam jangka panjang, seperti Aspirin, ibuprofen, atau natrium naproksen. Ada juga beberapa bukti bahwa sejumlah orang rentan secara genetik terhadap maag.

Namun demikian, jika Anda menjaga pola makan dengan benar, maka Anda bisa meminimalkan risiko terkena penyakit maag. Perubahan yang relatif sederhana pada diet juga dapat membantu meredakan gejala maag.

Ada beberapa cara untuk mengurangi gejala maag sebelum menjadi lebih parah, sebagaimana dilansir Huffingtonpost.

1. Kurangi Konsumsi Alkohol

Minuman beralkohol dapat mengiritasi lapisan lambung dan meningkatkan asam lambung. Kedua hal tersebut memperburuk gejala maag.

2. Kurangi Konsumsi Kopi

Kafein dapat meningkatkan sekresi asam di lambung. Kafein dalam kopi maupun soda merangsang produksi asam lambung yang dapat menyebabkan iritasi pada lapisan lambung. "Jadi mencoba untuk mengurangi atau menghindarinya dapat membantu," ujar ahli diet Molly Cleary.

3. Kurangi Makanan Pedas

Makanan pedas bisa membuat gejala lebih buruk. Lebih baik pertimbangkan untuk mengurangi makanan pedas dalam menu makanan agar gejala maag berkurang.

4. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Penelitian menunjukkan bahwa makanan yang rendah serat, dan konsumsi biji-bijian olahan dapat meningkatkan risiko maag. Ada baiknya Anda rutin mengonsumsi biji-bijian utuh dan makanan dengan serat tinggi seperti sayuran dan buah-buahan setiap hari.

5. Menjaga Berat Badan Stabil

Cleary mengatakan ada hubungan potensial antara obesitas dan maag. "Konsumsi buah, sayuran, dan makanan rendah lemak dapat membantu mencegah maag," katanya. Menurutnya, menjaga berat badan stabil secara tidak langsung mengurangi gejala maag.

6. Perbanyak Brokoli

Sayuran seperti kembang kol dan brokoli dapat membantu mengurangi gejala yang berhubungan dengan maag. 

Selain cara di atas, Anda mesti selalu sedia Promag. Promag dapat meredakan gejala maag dengan cepat karena mengandung hydrotalcite yang bekerja membantu membentuk lapisan dinding lambung sehingga mengurangi nyeri karena iritasi asam lambung.

Promag dijual dalam empat kemasan, yakni Promag Tablet, Promag Cair dan Promag Fruity yang mengatasi sakit maag akut. Ada juga Promag Double Action yang berfungsi menetralisir dan menekan asam lambung, mengatasi sakit maag kronik, dan mengurangi gejala GERD atau kondisi asam lambung naik ke kerongkongan.



(ROS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KALBE NUTRITIONALS
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
MORE
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
POPULAR FOTO
ADVERTISEMENT

Thu , 20-09-2018