DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.111.147.901 (21 SEP 2018)

Beberapa Sayuran dan Buah Mentah Ini Memiliki Manfaat bagi Kesehatan Mental

Raka Lestari - 16 April 2018 11:36 wib
Penelitian yang baru saja diterbitkan dalam Frontiers in Psychology, menemukan bahwa untuk kesehatan mental khususnya, mungkin juga penting untuk mempertimbangkan bagaimana cara produk disiapkan dan dikonsumsi. (Foto: Brooke Lark/Unsplash.com)
Penelitian yang baru saja diterbitkan dalam Frontiers in Psychology, menemukan bahwa untuk kesehatan mental khususnya, mungkin juga penting untuk mempertimbangkan bagaimana cara produk disiapkan dan dikonsumsi. (Foto: Brooke Lark/Unsplash.com)

Jakarta: Para peneliti dari Universitas Otago menemukan bahwa mengonsumsi buah dan sayuran mentah dapat memberikan manfaat yang lebih baik untuk kesehatan mental Anda dibandingkan sayuran dan buah yang dimasak, kalengan, atau diolah. 

Dilansir dari Scoop.co.nz, Dr Tamlin Conner, Dosen Senior Psikologi dan penulis utama dalam penelitian tersebut mengatakan umumnya di masyarakat yang sering dikampanyekan adalah fokus terhadap peningkatan konsumsi sayur dari segi kuantitas saja.

Namun, penelitian yang baru saja diterbitkan dalam Frontiers in Psychology, menemukan bahwa untuk kesehatan mental khususnya, mungkin juga penting untuk mempertimbangkan bagaimana cara produk disiapkan dan dikonsumsi. 

"Penelitian kami memerhatikan bagaimana sayuran dan buah-buahan yang tidak dimodifikasi memiliki efek yang berkaitan dengan kesehatan mental yang lebih baik dibandingkan dengan buah dan sayuran yang dimasak, dikaleng, atau diproses," katanya.

(Baca juga: Manfaat Benang Putih di dalam Buah Pisang)


(10 makanan mentah terbaik yang berkaitan dengan kesehatan mental yang lebih baik adalah: wortel, pisang, apel, sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, jeruk, selada, buah beri segar, mentimun, dan buah kiwi. Foto: Toa Heftiba/Unsplash.com)

Dr Conner percaya kemungkinan ini terjadi karena proses memasak dan pemrosesan buah dan sayuran berpotensi untuk mengurangi tingkat gizi. 

"Kemungkinan proses pengolahan dan pemasakan ini membatasi pengiriman nutrisi yang penting untuk fungsi emosional yang optimal."

"Penelitian ini semakin penting sebagai pendekatan gaya hidup seperti perubahan pola makan dapat memberikan pendekatan yang mudah diakses, aman, dan bisa membantu untuk meningkatkan kesehatan mental," kata Dr Conner. 

10 makanan mentah terbaik yang berkaitan dengan kesehatan mental yang lebih baik adalah: wortel, pisang, apel, sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, jeruk, selada, buah beri segar, mentimun, dan buah kiwi.





(TIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 22-09-2018