Alasan Kenapa Laki-laki Juga Memiliki Puting

Raka Lestari - 11 April 2018 15:14 wib
Dr Kormeili mengatakan bahwa jika Anda memiliki cukup banyak hormon wanita pada pria, ada kemungkinan beberapa orang dapat mengubah jaringan payudara mereka. (Foto: Andrew Neel/Unsplash.com)
Dr Kormeili mengatakan bahwa jika Anda memiliki cukup banyak hormon wanita pada pria, ada kemungkinan beberapa orang dapat mengubah jaringan payudara mereka. (Foto: Andrew Neel/Unsplash.com)

Jakarta: Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya, mengapa para pria juga memiliki puting pada payudara layaknya wanita? Memang belum banyak yang menjelaskan mengenai manfaat atau kegunaan puting payudara para pria. 

Namun tentu saja, pasti ada alasan mengapa para pria juga memiliki puting payudara layaknya wanita. Dan berikut ini adalah beberapa alasan mengapa para pria memiliki puting dilansir dari Cosmopolitan.com: 

1. Berkembang di dalam rahim
Dr Tara Bagen, MD, seorang dokter keluarga di Texas, menjelaskan bahwa perkembangan puting terjadi sekitar seminggu sebelum diferensiasi seksual terjadi pada embrio, itulah sebabnya mengapa pria dan wanita memiliki puting. 

Seperti Dr Joseph Cruise, MD, seorang ahli bedah plastik bersertifikat menyatakan, pada saat kromosom Y dan hormon testosteron bertanggung jawab untuk membawa pertumbuhan penis dan testis ke embrio laki-laki, putingnya sudah berkembang pada titik itu sehingga putingnya tetap berada di sana. 

2. Pria bisa terkena kanker payudara?
Dr Tayna Kormeili, MD, seorang dermatolog bersertifikat di Santa Monica, menjelaskan bahwa pria bisa terkena kanker payudara karena mereka memiliki jaringan payudara yang sama dengan wanita. Meskipun wanita memiliki payudara yang lebih besar, jaringan payudara yang kita ada pada manusia dapat berkembang menjadi kanker setiap saat.


(Foto: Dr Tara Bagen, MD, seorang dokter keluarga di Texas, menjelaskan bahwa perkembangan puting terjadi sekitar seminggu sebelum diferensiasi seksual terjadi pada embrio, itulah sebabnya mengapa pria dan wanita memiliki puting. Warren Wong/Unsplash.com)

(Baca juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Payudara)

3. Jaringan laktasi di payudara
Dr Kormeili mengatakan bahwa jika Anda memiliki cukup banyak hormon wanita pada pria, ada kemungkinan beberapa orang dapat mengubah jaringan payudara mereka yang ada menjadi jaringan laktasi. "Namun ini jarang terjadi, dan itu mungkin saja menjadi tanda peringatan agar pria ini diperiksa untuk kelainan hormon atau kanker yang mendasarinya."

4. Payudara pada pria juga bisa membesar 
Dr Cruise, seorang ahli terkemuka ginekomastia menjelaskan bahwa kondisi ketika payudara membesar bisa terjadi karena kelebihan jaringan payudara, kelebihan lemak, atau keduanya. 

Dr Joshua D. Zuckerman, MD, FACS, seorang ahli bedah plastik bersertifikat di NYC mengatakan penyebab ginekomastia adalah multifaktorial, kelebihan jaringan payudara dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, tumor pituitari, steroid anabolik, di antara penyebab lainnya.

5. Kelebihan jaringan payudara
Dr Cruise mengatakan bahwa operasi ginekomastia menghilangkan kelebihan jaringan payudara, lemak, atau keduanya, dan dapat terdiri dari eksisi kulit, eksisi jaringan payudara, dan atau sedot lemak.





(TIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 21-04-2018