Kacang Mede Bantu Atasi Depresi

Sri Yanti Nainggolan - 12 April 2016 13:30 wib
(Foto: Youtube)
(Foto: Youtube)

Metrotvnews.com, Jakarta: Berbagai tekanan dalam kehidupan acap kali menimbulkan depresi. Depresi merupakan kondisi di mana seseorang mengalami kemerosotan kondisi mental, yang disertai perasaan muram, sedih, dan tertekan.

Obat anti depresan cukup membantu para penderita depresi. Sayangnya, obat tersebut kadang menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan, seperti sakit kepala,  mual, dan kelelahan.

Dari segi medis, mengonsumsi obat-obatan dalam jangka panjang tidak baik untuk kesehatan ginjal. 

Bahan alami masih menjadi rekomendasi karena minim efek samping. Belum lama ini, para ahli menemukan khasiat kacang mede untuk menurunkan tingkat depresi.

Buah kering ini memiliki efek sama dengan Prozac, obat anti depresan yang cukup sering diresepkan dokter.

Berikut penjelasan mengapa kacang mede baik dikonsumsi para penderita depresi.

1. Sumber serotin

Dilansir Boldsky, kacang mede kaya kandungan zat besi, protein, asam lemak Omega-3, dan asam lemak tryptophan yang membantu tubuh memproduksi hormon seretonin (hormon antidepresan) secara efektif.

Produksi seretonin yang rendah dipercaya sebagai salah satu faktor yang memicu depresi, rasa sedih dan gelisah.

2. Kaya magnesium

Selain menguatkan tulang, magnesium berfungsi menyeimbangkan suasana hati. Magnesium juga membantu menstabilkan kadar gula darah. Sebab, kadar gula darah rendah menjadi pemicu depresi dan gelisah.

3. Kaya asam lemak

Asam lemak memegang peranan penting untuk fungsi otak yang sehat. Lemak tak jenuh tunggal yang dikandung kacang mede meningkatkan produksi hormon serotonin dan meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

4. Vitamin B6

Sama seperti tryptophan, kandungan vitamin B6 dalam kacang mede membuat pikiran rileks dan terhindar dari depresi. Vitamin B6 juga berkontribusi untuk meningkatkan fungsi otak.

(DEV)

ADVERTISEMENT
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 19-10-2017