DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.179.914.135 (23 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Penuaan Kulit Dimulai Sejak Usia 20-an

- 12 Maret 2018 16:28 wib
Ilustrasi. (Thinkstock)
Ilustrasi. (Thinkstock)

Jakarta: Proses penuaan kulit umumnya dimulai sejak seseorang mulai menginjak usia 20-an. Faktor penyebabnya bisa berasal dari internal dan eksternal tubuh.

Dokter Spesialis Kecantikan Tan Yuanita Agustina menyebut faktor internal umumnya dipicu oleh stres dan pergerakan berlebihan pada otot wajah saat berkedip atau bicara. Sementara faktor eksternal dipengaruhi oleh sinar matahari, kebiasaan buruk merokok, mengonsumsi alkohol, polusi, sampai dengan makanan tak sehat dan perawatan wajah yang tak sesuai.

"Genetik juga berpengaruh karena ada orang yang sejak lahir kulitnya tipis jadi lebih gampang keriput dan flek dibandingkan dengan orang yang lahir kulitnya sudah sehat dan kenyal," katanya, dalam Metro I-Care, Minggu 12 Maret 2018.

Proses penuaan kulit yang dimulai sejak usia 20-an terutama pada wanita dipicu oleh kadar estrogen dalam tubuh yang mulai menurun. Meski tak terlalu tampak, perubahan kulit seperti yang sebelumnya berminyak menjadi lebih kering adalah satu dari beberapa tandanya.

Penuaan kulit pada usia 20-an juga bisa dilihat dari mulai munculnya kerutan halus berupa garis tipis. Semakin lama dengan bertambahnya usia tanda-tanda penuaan akan semakin tampak seperti kerutan pada mata, garis senyum yang semakin dalam, sampai dengan kulit mengendur. 

Tan mengatakan proses penuaan pasti terjadi namun bukan tidak bisa ditunda. Makanan mengandung antioksidan tinggi disarankan untuk mencegah penuaan kulit.

"Selain itu menjaga kebersihan kulit, tidak berlebihan memakai skin care, cuci muka paling enggak sehari dua kali, paling penting hindari menggunakan air panas karena dia merusak kolagen dan gunakan krim pelembab dan tabir surya untuk menjaga kadar air dalam kulit," katanya.




(MEL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN KULIT
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 10-12-2018