Mendengarkan Musik Baik saat Bepergian

Pelangi Karismakristi - 10 Januari 2018 20:38 wib
Ilustrasi. Shutterstock
Ilustrasi. Shutterstock

Jakarta: Jika Anda bepergian menumpang bus, kereta atau dalam penerbangan, apa hal baik, menyenangkan, dan sehat yang bisa dilakukan? Jawabannya adalah mendengarkan musik.

Mengapa bisa demikian? Salah satu alasannya adalah menghindari banyak orang terus menerus mengajak bicara dan mencegah diskusi tak berarti. Lebih dari itu, ada beberapa alasan soal mendengarkan musik baik saat melakukan perjalanan, yaitu:

1. Bila mabuk perjalanan, musik membantu mengalihkan pikiran Anda. Jika pikiran Anda terganggu dengan cara yang menyenangkan, otomatis bisa meminimalisir rasa tidak nyaman.

Sebuah studi mengklaim bahwa musik salah satu tindakan non medis terbaik untuk mencegah efek mabuk perjalanan. Dalam banyak kasus, mendengarkan musik selama penerbangan berhasil mencegah mual.

2. Ketika bepergian, suasana hati Anda mungkin tidak selalu menyenangkan. Maka, dengarkan lah musik untuk menenangkan hati dan pikiran, serta berimajinasi seperti musik yang Anda dengarkan.

3. Musik akan membuat Anda lebih rileks. Hal ini berlaku misalnya saat Anda pulang kerja yang terkadang mengalami kelelahan baik fisik maupun pikiran.

4. Musik dapat memengaruhi hormon seseorang, sekali pun kortisol (hormon stres). Musik dapat meredamkan kortisol dan menghindari stres.

5. Manfaat lainnya adalah apabila Anda seorang yang menderita insomnia. Dengan mendengarkan musik santai di malam hari, dapat membantu Anda tidur lebih cepat.

6. Saat bepergian, otak cenderung tidak bekerja. Oleh karenanya, rentan masuk pikiran-pikiran yang negatif. Mendengarkan musik bisa mencegahnya dan merupakan cara alami mengatasi depresi.

7. Relaksasi dengan musik dapat membuat Anda merasa baik, seperti dopamin dan serotoni. Ketika Anda sampai di tempat tujuan, Anda akan merasa lebih baik setelah mendengarkan musik selama perjalanan.


(TRK)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 25-04-2018