DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.179.914.135 (23 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Mengenal Pola Makan Antiinflamasi untuk Cegah Berbagai Penyakit

Sri Yanti Nainggolan - 07 Juli 2018 18:38 wib
Mengenal Pola Makan Antiinflamasi untuk Cegah Berbagai Penyakit (Foto: shutterstock)
Mengenal Pola Makan Antiinflamasi untuk Cegah Berbagai Penyakit (Foto: shutterstock)

Jakarta: Inflamasi atau peradangan merupakan respons tubuh terhadap beberapa gangguan seperti stres, infeksi, penyakit, atau kimia racun. Pola makan antiinflamasi diperlukan untuk melawannya.

Pola makan ini adalah mengganti makanan yang manis dan refinasi dengan makanan bernutrisi dengan kandungan antioksidan tinggi.

"Pola makan antiinflamasi membantu mengatur kondisi kronik seperti penyakit jantung, arthritis, Alzheimer, Parkinson, dan kanker," ahli gizi Pavithra N Raj dari Columbia Asia Referral Hospital, India.

Ia menyarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, teh hijau, zaitun, kelapa, salmon, sarden, dan rempah-rempah.

Lalu, apa yang perlu dihindari?

“Kurangi gula karena dapat menyebabkan tubuh melepaskan sitokin yang merupakan pembawa pesan peradangan. Katakan selamat tinggal untuk madu, soda dan minuman dan makanan manis lainnya," jawabnya.

Ia juga menyarankan untuk menghindari daging olahan, makanan yang digoreng, roti, permen, es krim, dan alkohol adalah minuman keras yang ketat. Waspadai asupan karbohidrat yang berlebihan.

Umumnya, masa transisi dari pola makan normal ke pola makan antiinflamasi adalah hal terberat. Oleh karena itu cobalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi.

Raj menyarankan untuk banyak minum air, konsumsi suplemen omega 3 dan kunyit, serta tidur cukup dalam keseharian ketika menjalani pola makan antiinflamasi.


 


(ELG)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 19-12-2018