Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.408.300.797 (20 JUNI 2018)

3 Cara agar Gula Darah Tetap Normal saat Lebaran

Anggi Tondi Martaon - 13 Juni 2018 16:12 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Mengontrol gula darah saat lebaran menjadi salah satu hal yang sulit dilakukan. Pasalnya, banyak makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Lalu, apa yang harus anda lakukan agar kadar gula darah tetap stabil selain membatasi asupan makanan dan minuman manis? Dikuti dari healthline, berikut cara mengontrol gula darah.

1. Minum air dan tetap terhidrasi

Minum air putih yang cukup membantu menjaga kadar gula darah dalam batas yang sehat. Selain mencegah dehidrasi, konsumsi air yang cukup juga dapat membantu ginjal membuang kelebihan gula darah melalui urine.

Satu penelitian observasional menunjukkan, mereka yang minum lebih banyak air memiliki risiko lebih rendah untuk mengembangkan kadar gula darah yang tinggi.
Minum air secara teratur dapat menghidrasi darah, menurunkan kadar gula darah, dan mengurangi risiko diabetes.

2. Tidur berkualitas dan istirahat cukup

Tidur cukup diperlukan untuk kesehatan yang baik. Kebiasaan tidur yang buruk dan kurang istirahat juga mempengaruhi tingkat gula darah dan sensitivitas insulin karena dapat meningkatkan nafsu makan.

Kurang tidur dapat meningkatkan kadar kortisol atau hormon stres sehingga gula darah menjadi tak terkendali.

3. Berolahraga teratur

Olahraga teratur membantu Anda menurunkan berat badan dan meningkatkan sensitivitas insulin. Peningkatan sensitivitas insulin membuat sel-sel menggunakan gula yang tersedia dalam aliran darah.

Bentuk-bentuk latihan yang baik untuk mengontrol gula darah yaitu angkat berat, jalan cepat, berlari, bersepeda, menari, hiking, dan berenang.

Selain ketiga cara diatas, Anda disarankan rutin memeriksa kadar. Kebiasaan tersebut baik untuk membantu Anda mempelajari bagaimana merespons berbagai aktivitas dan menjaga kadar gula darah agar tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 22-06-2018