6 Cara Manajemen Stres agar Tak Berlanjut Menjadi Depresi

Raka Lestari - 12 November 2017 15:00 wib
(Foto: Huffington Post)
(Foto: Huffington Post)

Jakarta: Stres memang tak bisa dihindari, tetapi bisa dimanajemen agar tidak berlanjut menjadi depresi dan mengganggu kesehatan secara keseluruhan.

Bagaimana caranya? Sangat sederhana dan efektifm seperti dilansir dari Huffington Post berikut ini.

1. Tidur dan bangun lebih awal

Tidur cukup adalah kunci untuk mendapatkan tubuh bugar. Tidur dan bangun lebih awal juga membuat tubuh menjadi bersemangat sehingga hari Anda bisa dimulai dengan lebih baik.

2. Membuat daftar kegiatan

Mulai pagi Anda dengan menulis daftar kegiatan yang ingin Anda lakukan. Tips satu ini dapat membuat aktivitas Anda lebih terorganisir sehingga hari Anda berjalan lebih baik.

3. Hindari cemas berlebihan

Jangan buang waktu untuk mengkhawatirkan hal-hal yang tidak bisa anda kendalikan. Cemas tidak bisa mengubah situasi dan hanya membuang-buang waktu Anda saja. Jika Anda hanya fokus kepada masalah, masalah tersebut akan semakin menjadi rumit dan sulit. Sebaiknya Anda memikirkan solusi dari masalah agar lebih mudah untuk diselesaikan.

4. Belajar untuk mengatakan tidak

Salah satu cara paling ampuh untuk mengurangi stres dalam hidup Anda adalah belajar bagaimana mengatakan "tidak" terhadap hal-hal yang sebenarnya tidak Anda inginkan. Terlalu menekan diri Anda atau selalu berusaha menyenangkan banyak orang dapat memicu rasa stress  yang tidak perlu serta membuat Anda kehilangan waktu untuk melakukan hal-hal yang sebenarnya ingin Anda lakukan.

5. Makan dengan baik

Nutrisi yang buruk bisa membuat tubuh lebih sulit beradaptasi dengan stres.  Cobalah untuk mengonsumsi banyak sayuran segar, buah-buahan, protein, lemak sehat, dan biji-bijian ke dalam makanan Anda. Jangan lupa  juga untuk minum  banyak air sepanjang hari, karena ini juga dapat membantu mengembalikan tingkat energi dan memperbaiki fungsi tubuh Anda.

6. Bersyukur

Salah satu cara termudah untuk menghilangkan stres dari hidup Anda adalah dengan bersyukur atas semua kesempatan dan pengalaman luar biasa dalam hidup Anda. Pada setiap akhir dari hari Anda, hitunglah hal-hal yang bisa Anda syukuri pada hari tersebut.




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN MENTAL
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 23-11-2017