Inilah Diet Terbaik untuk Penderita Hipertensi

Torie Natalova - 13 Januari 2018 19:42 wib
Inilah Diet Terbaik untuk Penderita Hipertensi (Foto: istock)
Inilah Diet Terbaik untuk Penderita Hipertensi (Foto: istock)

Jakarta: Menurunkan berat badan salah satunya dapat dilakukan dengan cara diet. Belakangan, ada banyak cara atau metode diet yang diyakini dapat menurunkan berat badan. Salah satunya adalah diet DASH.

DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) sebenarnya dirancang untuk meningkatkan kesehatan orang yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. Namun, diet ini masuk dalam kategori metode diet terbaik selama delapan tahun terakhir.

Sebuah studi menemukan bahwa orang-orang yang mengikuti diet DASH memiliki tingkat tekanan darah rendah dan kadar kolesterol jahat yang rendah dibandingkan mereka yang diet dengan memperbanyak buah dan sayuran.

Meskipun diet ini tidak dirancang untuk menurunkan berat badan sebagai tujuan utama, tapi faktor nutrisi yang mempengaruhi tekanan darah juga mempengaruhi berat badan.

Jadi, bagaimana sebenarnya diet DASH?

Diet ini adalah merencanakan makan yang fleksibel dengan mengutamakan keseluruhan makanan seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian serta produk susu, ikan, unggas, kacang-kacangan, minyak nabati bebas lemak, yang semuanya berkaitan dengan kesehatan yang lebih baik, termasuk penurunan berat badan.

Tidak seperti kebanyakan diet yang membatasi pati atau karbohidrat, diet ini menekankan pada kelanjutan. Mereka yang paling banyak menurunkan berat badan adalah mereka yang mempertahankan diet dan menjalaninya.

Beberapa makanan yang harus dihindari dalam diet DASH yakni makanan olahan dan kelebihan asupan lemak, gula dan sodium. Semua bahan makanan tersebut dapat membentuk 58 persen dari semua kalori.

Kelebihan sodium atau garam yang ditemukan dalam sebagian besar makanan olahan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Menurunkan jumlah asupan sodium inilah yang dirancang dalam diet ini.

Karenanya, diet DASH ini pilihan tepat untuk mereka yang menderita tekanan darah tinggi, penyakit jantung atau stroke. Perlu diingat bahwa diet ini bukan solusi ajaib jika Anda mencari penurunan berat badan dengan cepat.



 


(ELG)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG HIPERTENSI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 23-01-2018