Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.400.516.227 (19 JUNI 2018)

Benarkah Kandungan AHA pada Produk Kecantikan Bisa Mencerahkan Kulit?

Raka Lestari - 11 Maret 2018 14:04 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Mungkin Anda sering membaca kandungan Alpha hydroxy acids (AHA) dalam komposisi sebuah produk kecantikan. Kandungan ini diklaim dapat mencerahkan sekaligus menutrisi kulit.

Dilansir dari Women's Health, Jennifer MacGregor, M.D., dari Union Square Laser Dermatology menjelaskan bahwa AHA adalah salah satu jenis asam yang secara secara alami ditemukan pada makanan dan tanaman. AHA berguna membantu pengelupasan sel-sel kulit mati secara kimiawi.

Dengan kata lain, AHA bisa membantu pengelupasan sel-sel kulit mati Anda tanpa harus menggosok wajah dengan kasar.

"Asam alpha hidroxy ini membantu mencegah sel kulit mati saling menempel, sehingga memudahkan pengelupasan kulit. Hasilnya kulit Anda akan tampak bersinar dan lebih bercahaya," kata MacGregor.

MacGregor mengatakan AHA mendorong terjadinya pergantian sel kulit, yang berarti AHA memaksa kulit untuk menciptakan sel kulit baru dengan mengeluarkan sel-sel kulit mati yang sudah lama. Menggunakan produk kosmetik yang mengandung AHA secara rutin juga bisa membantu mencerahkan kulit dan memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari atau bercak pada kulit.

AHA juga membantu mengangkat kotoroan yang menyumbat pori-pori, sehingga dapat meredakan jerawat.

Asam alpha hydroxy Anda biasanya ditemukan dalam bentuk exfoliator, toner, dan peel pads.

"Gunakan pada pagi hari setelah Anda mencuci muka. Pilih yang memiliki konsentrasi rendah  (10 persen atau kurang)," saran MacGregor.

"Bilas dengan air setelah beberapa menit dan ikuti dengan serum antioksidan  dan tabir surya."

AHA biasanya dapat diterima oleh sebagian besar jenis kulit, meskipun terkadang dapat memiliki efek mengeringkan bila dikombinasikan dengan bahan pengelupas lainnya seperti asam salisilat. Namun, sebaiknya jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif atau memiliki kondisi kulit seperti eksim, sebaiknya menghindari Asam aplha hydroxy.


(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KECANTIKAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 20-06-2018