Lima Manfaat yang Anda Peroleh jika Berhasil Menurunkan Berat Badan

Raka Lestari - 17 Mei 2018 17:31 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Menurunkan berat badan tak hanya berdampak pada bentuk tubuh yang menjadi ideal, tetapi juga memberi manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. 

Dilansir dari Reader's Digest, berikut beberapa manfaat yang didapatkan dari menurunkan berat badan.

1. Menurunkan risiko diabetes

"Anda akan mendapatkan manfaat yang besar hanya dengan penurunan berat badan 5 persen," kata Samuel Klein, MD, profesor kedokteran dan ilmu gizi, dan direktur Center for Human Nutrition di Washington University School of Medicine. 

Penelitian Dr Klein menunjukkan salah satu dari banyak manfaatnya adalah mengurangi risiko diabetes, suatu kondisi yang ditandai dengan gula darah tinggi.

2. Menurunkan tekanan darah

Menurut American Heart Association, kehilangan sedikitnya lima hingga sepuluh pon berat badan pada orang yang kelebihan berat badan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Dengan berat badan berlebih, tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk memompa darah yang dapat merusak pembuluh darah dan mengeraskan arteri. 

"Menjadi gemuk juga meningkatkan kebutuhan tubuh akan oksigen dan meningkatkan volume darah," kata Ali Webster, PhD, RD, direktur komunikasi nutrisi untuk International Food Information Council Foundation. 

3. Kesehatan jantung meningkat

Selain menurunkan tekanan darah, kehilangan beberapa pon meningkatkan kesehatan jantung Anda secara keseluruhan. Obesitas juga dikaitkan dengan kolesterol "jahat" yang tinggi dan kolesterol "baik" yang rendah, kata Dr Webster. 

"Masing-masing adalah faktor risiko untuk penyakit kardiovaskular, seperti penyakit arteri koroner, serangan jantung, dan stroke," katanya.

4. Menurunkan risiko kanker

Berat badan Anda memengaruhi hormon, sistem kekebalan, dan faktor-faktor yang mengatur pertumbuhan sel yang semuanya terkait dengan risiko kanker. Itulah mengapa kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan peluang Anda terkena penyakit.

"Menurut penelitian dari American Cancer Society, kelebihan berat badan dianggap bertanggung jawab untuk sekitar 8 persen dari semua kanker di Amerika Serikat, serta sekitar 7 persen dari semua kematian akibat kanker," ujar Dr Webster. 

5. Mengurangi peradangan 

Ketika melakukan tugasnya dengan benar, peradangan dalam tubuh membantu melawan infeksi. Tetapi pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas, peradangan bisa tidak terkontrol yang meningkatkan resistensi insulin serta risiko Anda untuk penyakit jantung, kanker, arthritis, dan bahkan penyakit Alzheimer. 

"Kelebihan lemak tubuh, terutama ketika terletak di sekitar perut, sangat terkait dengan peradangan," kata Dr Webster.




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG DIET
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 25-05-2018