Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.400.516.227 (19 JUNI 2018)

Manfaat Bromelain yang Terdapat pada Nanas

Raka Lestari - 13 Maret 2018 09:15 wib
Nanas memiliki kandungan tinggi bromelain, enzim yang membantu memecah protein dan membantu pencernaan. (Foto: Marvin Meyer/Unsplash.com)
Nanas memiliki kandungan tinggi bromelain, enzim yang membantu memecah protein dan membantu pencernaan. (Foto: Marvin Meyer/Unsplash.com)

Jakarta: Nanas memiliki kandungan tinggi bromelain, enzim yang membantu memecah protein dan membantu pencernaan.

Meskipun efek bromelain masih belum banyak diteliti, namun bromelain dianggap dapat memiliki efek kesehatan seperti mengurangi rasa sakit dan nyeri setelah berolahraga sampai mengurangi gejala alergi.

Berikut ini adalah beberapa manfaat bromelain yang bisa Anda dapatkan, dilansir dari Womenshealthmag.com.

1. Bromelain dikatakan memiliki sifat anti-inflamasi
Bromelain telah terbukti mengurangi pembengkakan dan mempercepat pemulihan, berkat sifat anti-inflamasinya. "Satu studi yang mengevaluasi kemampuan bromelain untuk mengobati pasien menemukan bahwa bromelain mempercepat penyembuhan luka dan membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat operasi," kata Dr. Josh Axe, D.N.M., C.N.S., D.C., pendiri situs Ancient Nutrition.

(Baca juga: Lezatnya Olahan Nanas dari Lahan Gambut Sei Pakning)


(Nanas memiliki kandungan tinggi bromelain, enzim yang membantu memecah protein dan membantu pencernaan. Foto: Pineapple Supply Co/Unsplash.com)

2. Melancarkan pencernaan
Menurut Maggie Moon, MS, RD dan penulis MIND Diet jika Anda mengalami konstipasi sebaiknya mengonsumsi beberapa nanas. "Bromelain merusak protein, seperti kolagen," kata Moon. Karena protein lebih cepat dirusak oleh bromelain, ini bisa membantu melancarkan buang air besar.

3. Membantu melembutkan daging
Meskipun ini sebenarnya bukan manfaat kesehatan, bromelain dikatakan membuat daging menjadi lebih mudah dimasak dan memiliki rasa yang lebih enak. "Bromelain adalah enzim yang memecah protein, karena itulah sedikit jus nanas adalah pelunak daging yang hebat tapi jangan terlalu lama agar daging tidak menjadi terlalu lembek," Kata Moon.









(TIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 20-06-2018