Pelajaran Berhitung Bantu Anak Pelajari Kosakata Baru

Sri Yanti Nainggolan - 15 November 2017 09:33 wib
Anak pra-sekolah yang banyak terlibat dalam aktivitas matematika dengan orang tua dapat meningkatkan kemampuan matematika (Foto: The Health Site)
Anak pra-sekolah yang banyak terlibat dalam aktivitas matematika dengan orang tua dapat meningkatkan kemampuan matematika (Foto: The Health Site)

Jakarta: Sebuah penelitan menemukan bahwa anak pra-sekolah yang banyak terlibat dalam aktivitas matematika dengan orang tua dapat meningkatkan kemampuan matematika, sekaligus menambah kosakata umum.

"Paparan pada angka dasar dan konsep matematika di rumah bersifat prediksi, yang artinya lebih baik dibandingkan membaca dongeng atau interaksi tinggi literasi, dengan tujuan meningkatkan kosa kata umum pada anak pra-sekolah," ujar pemimpin studi Amy Napoli, mahasiswi doktoral di Purdue University, Amerika Serikat seperti dilansir dari The Health Site.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Experimental Child Psychology tersebut mengevaluasi 116 anak pra-sekolah berusia 3-5 tahun.

Para peneliti melihat kemampuan matematika dan bahasa berdasarkan laporan orang tua mereka tentang aktivitas matematika, dan literasi (membaca dan menulis) di rumah, serta peningkatan yang terprediksi seiring berjalannya waktu.

Para orang tua melaporkan frekuensi praktik literasi (seperti berlatih kata dengan membaca buku cerita) dan berhitung.

Hasilnya, lingkungan rumah yang penuh dengan praktik berhitung dapat meningkatkan kosakata bagan dan berhitung.

Penemuan tersebut mendemonstrasikan sebuah hubungan antara lingkungan angka di rumah, perkembangan bahasa anak, dan kontribusi pada pertumbuhan tubuh yang mengindikasi adanya keterkaitan penting antara perkembangan angka dan bahasa sejak dini.

Para peneliti juga menyebutkan bahwa ada beberapa cara untuk meningkatkan pembelajaran matematika di rumah, seperti mengajak berhitung, menghubungkan angka dengan kuantitas, dan membandingkan nilai.




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN ANAK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 23-11-2017