Tips Mengonsumsi Durian yang Aman Bagi Kesehatan

- 06 September 2017 13:06 wib
(Foto: Sabai TV)
(Foto: Sabai TV)

Metrotvnews.com, Jakarta: Meski banyak yang mengeluhkan aromanya, banyak juga yang menggemari buah durian. Daging buah yang lembut dan rasanya yang manis memang menjadi daya tarik buah ini.

Namun, mengonsumsi durian tak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan rasa begah pada saluran pencernaan dan panas pada ulu hati.

"Memang sebaiknya cukup 4-5 buah saja, untuk yang sehat," jelas Ahli gizi Monica Anastasia Kurniawan seperti dikutip dari Metro Xinwen.

Monica melanjutkan, durian memang memiliki banyak gizi, tetapi di sisi lain juga mengandung alkohol, kolesterol, dan indeks glikemik yang tinggi sehingga kurang baik dikonsumsi penderita diabetes.

Tips Memilih Durian Matang

Untuk penggemar durian, tentu tak mau tertipu memilih durian yang belum matang. Selain pahit, durian yang belum matang memiliki gas yang cukup banyak.

Menurut Ahong, salah satu penjual durian di Festival Durian Tangerang Selatan, pembeli sering tertipu pada durian yang berbentuk bulat. Bentuk ini dikira lebih enak karena utuh dan sempurna.

Namun sebenarnya, durian dengan bentuk tak beraturan seperti "kucing tidur" kemungkinan besar dagingnya manis dan lunak.

"Yang bentuknya tidak beraturan biasanya lebih legit, lebih banyak isi, dan lebih manis," tukas Ahong.


(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 24-09-2017