Berniat Suntik Kolagen? Ketahui Dahulu Efek Sampingnya

Pelangi Karismakristi - 24 Agustus 2017 09:53 wib
Ilustrasi. sumber: Shutterstock
Ilustrasi. sumber: Shutterstock

Metrotvnews.com, Jakarta: Penampilan merupakan hal penting bagi sebagian orang. Termasuk tampilan wajah yang senantiasa tampak awet muda dengan kulit sehat dan kenyal.
 
Kondisi kulit wajah yang sehat, kenyal, bebas flek hitam dan kerutan merupakan efek dari kolagen yang diproduksi tubuh. Kolagen merupakan protein di dalam tubuh yang berfungsi menjaga kulit manusia agar tetap terlihat baik. Seiring berjalannya waktu, pertambahan usia, dan beberapa faktor lingkungan lainnya, kolagen kian menurun kadarnya.
 
Bila hal ini terjadi, akan timbul sejumlah masalah. Seperti kerutan atau garis halus, kulit kendur, kusam, dan muncul tanda-tanda penuaan. Guna mendapatkan kulit wajah yang bebas dari masalah tersebut, tak sedikit orang menempuh cara instan melalui suntik kolagen.
 
Suntik kolagen pada umumnya dilakukan di sejumlah bagian tubuh, seperti bibir, dada, punggung, leher dan lainnya. Sebelum Anda memutuskan menjalani suntik kolagen, ada baiknya mengetahui risiko yang mungkin timbul.
 
1. Reaksi alergi
 
Reaksi alergi biasanya berupa kemerahan, memar dan gatal pada sekitar area kulit yang disuntik. Hal ini mungkin disebabkan reaksi alergi terhadap anastesi/bahan cairan yang disuntikkan. Tidak semua orang cocok menggunakan cairan kolagen.
 
2. Infeksi bakteri
 
Meskipun infeksi bakteri jarang terjadi, Anda patut tetap waspada dan menyadari bahwa infeksi bakteri bisa saja menyerang perawatan medis atau nonmedis.
 
3. Warna kulit tidak merata
 
Ada kemungkinan warna kulit Anda menjadi tidak rata, atau belang. Ini bisa saja muncul karena tidak semua anggota tubuh terisi cairan kolagen. Hanya bagian tubuh tertentu saja yang terlihat segar dan tidak keriput.
 
4. Menguras kantong
 
Selain itu ada satu faktor lagi yang membuat orang mengurungkan niat melakukan suntik kolagen, yakni efeknya jangka panjang dan menguras kantong. Suntik kolagen merupakan solusi sementara untuk mencegah kulit keriput. Efek suntik kolagen rata-rata hanya tiga bulan dan paling lama setahun.
 
Setelah membaca efek samping suntik kolagen, alangkah bijak jika Anda mempertimbangkan menempuh cara lain yang lebih alami dan minim risiko. Misalnya, dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya  kolagen. Kolagen dapat diperoleh melalui makanan, yaitu ikan, putih telur, kedelai, sayuran merah, sayuran hijau gelap, sayuran berwarna oranye, buah berry, sitrus (jeruk, lemon, jeruk nipis), bawang, dan tiram.

Selain dari makanan tersebut, ada cara lain yang praktis untuk mendapatkan manfaat kolagen, yaitu minum Diva Beauty Drink. Minuman yang diproduksi Kalbe Nutritionals ini menggunakan bahan kulit ikan terbaik dari Prancis yang menyerupai kulit manusia dan mudah diserap sehingga manfaatnya memang benar-benar ditujukan untuk kulit kita yaitu mencerahkan, mengencangkan dan melembabkan kulit. Bahkan apabila digunakan dalam waktu lama bisa mengurangi kerutan wajah.
 
Komposisi Diva Beauty Drink dilengkapi antioksidan superfruits untuk menangkal radikal bebas penyebab kerusakan kulit sehingga membantu mengurangi noda hitam di wajah. Kandungan vitamin E juga berperan penting untuk melembabkan dan membantu regenerasi kulit.
 
Mekanisme kerja kolagen pada Diva Beauty Drink adalah dengan memecah kolagen peptide menjadi asam amino dan diserap oleh tubuh. Asam amino ini akan memicu fibroblast memproduksi kolagen, meningkatkan kelembaban kulit, melembutkan dan mengurangi kerut pada kulit.
 
Dengan mengonsumsi Diva Beauty Drink 2 botol setiap hari secara teratur, maka Anda akan mendapatkan kulit yang lebih kencang dan elastis. Produk ini dapat mengurangi kerutan dan melembutkan kulit, serta menstimulasi pertumbuhan sel kulit baru. Hasil uji klinis sudah bisa dilihat setelah 14 hari penggunaan secara rutin
(TRK)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KALBE NUTRITIONALS
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
MORE
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
MOST COMMENTED
ADVERTISEMENT

Tue , 26-09-2017