Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.408.300.797 (20 JUNI 2018)

Selain Cukup Tidur, 5 Langkah Ini Bantu Atasi Stres

Raka Lestari - 11 Juni 2018 14:44 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Merasa kewalahan menghadapi kesibukan sehari-hari dan mengkhawatirkan sesuatu secara berlebihan bisa berdampak serius pada kesehatan. Menurut Health, 85 persen orang dewasa di Inggris mengalami stres secara berkala, dimana lebih dari setengahnya memiliki dampak yang mengkhawatirkan bagi kesehatan mereka.

Menurut Laura Little dari CABA, "Stres menyebabkan kelenjar adrenalin memproduksi lebih banyak hormon kortisol sehingga meningkatkan risiko melemahnya kinerja kognitif, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi."

Untuk itu, penting bagi Anda untuk menghilangkan perasaan stres yang ada dalam tubuh dengan cara berikut.

1. Menulis daftar hal yang harus dilakukan

Menulis daftar hal yang harus dilakukan dapat membantu Anda merasa terorganisir dan mengendalikan hidup Anda dan memiliki manfaat tambahan yang memberi Anda perasaan senang saat Anda berhasil melakukan hal yang ada di dalam daftar tersebut.

2. Cukup tidur

Stres dan insomnia merupakan gabungan yang sangat berdampak negatif bagi tubuh. Psikolog tidur, Hope Bastine mengatakan "Tempat tidur yang nyaman dan bantal merupakan pendukung yang paling penting untuk membuat Anda merasa nyaman saat tidur."

3. Memanfaatkan waktu istirahat makan siang

Menurut konsultan psikiater, Dr Dimitrios Paschos penting untuk membiarkan diri kita mendapatkan istirahat makan siang yang layak. "Kinerja mental menurun jika kita tidak beristirahat," katanya. "Pengambilan keputusan menjadi lebih lambat, tingkat perhatian berkurang dan pemikiran bisa menjadi lebih kaku. Istirahat dapat membantu menjernihkan pikiran dan memberikan kejelasan."

4. Tetap aktif

Sejumlah penelitian yang dilansir dari laman Health menunjukkan adanya hubungan antara kesehatan mental dan kesehatan fisik. Dan menurut National Health Service England, untuk menjaga tetap sehat orang dewasa harus melakukan aktivitas intensitas sedang sebanyak 150 menit setiap minggu.

Laura Little dari CABA menjelaskan, "Jika Anda merasa stres, aktivitas fisik dapat membantu menjernihkan pikiran, membantu Anda mengidentifikasi penyebab stres Anda dan mengatasi masalah Anda dengan cara yang lebih tenang dan efektif. Olahraga juga memiliki dampak terhadap produksi endorfin yang berperan dalam perasaan senang di otak."

5. Mengunjungi dokter gigi

Dokter gigi Dr Eddie Coyle dari  Bupa Dental Care mengatakan bahwa stres memiliki efek pada sistem kekebalan tubuh, membuat seseorang yang mengalami banyak stres lebih rentan terhadap penyakit gusi.

6. Berbicara dengan orang lain

Menurut Dr Tanya Bernstein, konselor psikolog di The Priory Hospital di London utara, membicarakan masalah Anda dengan orang lain bisa mengurangi masalah yang Anda miliki sampai setengahnya. "Berbicara dapat benar-benar membantu sedangkan memendamnya hanya akan memperburuk stres," katanya.


(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG STRES
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 22-06-2018